Soloraya
Rabu, 5 Agustus 2015 - 10:40 WIB

INVESTASI WONOGIRI : Pabrik Garmen Dibangun di Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lokasi pabrik garmen asal Korea di Wonogiri. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Investasi Wonogiri, satu perusahaan garmen asal Korea akan menyerap 12.000 tenaga kerja di Wonogiri
S0lopos.com, WONOGIRI--Pabrik garmen orientasi ekspor dibangun di Wonogiri. Pabrik yang dibangun PT Nesia Pan Pacific Clothing tersebut akan menampung 12.000 tenaga kerja.
Pembangunan pabrik yang berlokasi di Dusun Ketonggo, Kerjo Lor, Ngadirojo, Wonogiri tersebut ditinjau langsung oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franki Sibarani, Selasa (4/8/2015). Rencana investasi perusahaan asal Korea tersebut sebesar Rp181,25 miliar. Sedangkan yang telah terealisasi sebesar Rp90,625 miliar. Dia berharap keberadaan pabrik tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Wonogiri.
“Setidaknya akan banyak tenaga kerja yang terserap, sebab pabrik tersebut membutuhkan 12.600 tenaga kerja,” kata dia saat ditemui wartawan di Ngadirojo, Selasa.
Direncanakan pembangunan pabrik tersebut selesai tahun ini. “Jika realisasi investasi tersebut sesuai, maka akan mendukung program pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Wonogiri dan sekitarnya. Serta dapat meningkatkan pendapatan devisa melalui peningkatan ekspor,” kata dia.
Menurut Franki, industri tekstil masih berpotensi besar untuk dikembangkan di Jawa Tengah. Terlebih industri tekstil merupakan industri prioritas yang sedang didorong pemerintah karena bersifat padat karya dan berorientasi ekspor.
Sekda Wonogiri, Suharno, mengatakan Wonogiri berkomitmen mewujudkan pertumbuhan ekonomi. “Ini bukti bahwa Wonogiri sebagai kabupaten yang proinvestasi,” kata dia. Dia mengatakan realisasi investasi saat ini sudah menunjukkan peningkatan.  Jika pada 2011 lalu mencapai Rp211 miliar, maka pada 2014 mencapai Rp674 miliar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif