Lifestyle
Selasa, 4 Agustus 2015 - 16:15 WIB

TEKNOLOGI BARU : Aplikasi Ini Bantu Pulihkan Schizophrenia

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita Schizophrenia (centralhealthclinic.com)

Teknologi baru berupa aplikasi ini diklaim mampu membantu proses penyembuhan penyakit.

Solopos.com, LONDON – Perkembangan teknologi terbaru berupa aplikasi untuk smartphone semakin pesat. Sekarang, aplikasi dibuat untuk berbagai keperluan, termasuk kesehatan.

Advertisement

Hal itulah yang dilakukan para peneliti di Inggris. Mereka berhasil menciptakan sebuah aplikasi permainan yang membantu proses penyembuhan penyakit schizophrenia.

Schizophrenia merupakan penyakit yang menyerang otak manusia dan menyebabkan beberapa gangguan seperti halusinasi dan delusi.

Schizophrenia menyerang sistem kerja otak dan biasanya akan menyerang otak dalam kisaran waktu yang cukup lama.

Advertisement

Dilansir Foxnews.com, Senin (3/8/2015), para peneliti dari CambridgeUniversity sukses membuat sebuah aplikasi permainan yang merangsang kinerja otak.

Wizard, nama aplikasi permainan itu, diyakini dapat membantu proses penyembuhan schizophrenia.

Para peneliti mengatakan cara kerja Wizard ialah memicu kinerja bagian otak yang mengatur ingatan jangka pendek. Wizard membuat bagian otak itu tetap aktif dan mempercepat penyembuhan penyakit otak seperti schizophrenia.

Advertisement

Seperti dimuat jurnal Philosophical Transactions, para peneliti mengamati 22 penderita schizophrenia yang mengakses Wizard. Mereka menyimpulkan Wizard mampu meningkatkan daya ingat penderita schizophrenia.

“Aplikasi ini terbukti dapat membantu proses penyembuhan schizophrenia. Permainan ini sangat mudah sehingga banyak penderita schizophrenia yang tertarik memainkan Wizard,” ungkap seorang peneliti Cambridge University, Barbara Sahakian. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif