Lifestyle
Selasa, 4 Agustus 2015 - 05:00 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Benarkah Berkumur Cegah Flu?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Berkumur (markszelistowski.com)

Info hidup sehat kali ini mengenai manfaat berkumur.

Solopos.com, TOKYO —Kasus penyakit flu di Jepang tergolong tinggi. Data Kementerian Kesehatan Jepang, menyebutkan dalam sepekan  terdapat 110.000 kasus orang terserang flu. Data itu diambil dari tanggal 14-20 Januari tahun ini.

Advertisement

Sekolah dan fasilitas lain di seluruh Jepang telah menggalakkan usaha pencegahan flu dengan tiga cara. Pertama, mencuci tangan dengan sabun. Kedua, memakai masker saat berpergian. Ketiga, yang di masyarakat Jepang dianggap unik, adalah berkumur.

Sebagaimana dikutip Rocketnews24.com, Kamis (30/7/2015), walaupun di negara lain berkumur merupakan usaha untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan, namun di Jepang, berkumur dianggap sebagai cara tradisional untuk mencegah penyakit flu dan masuk angin.

Kementerian Kesehatan Jepang, secara mengejutka, menghapuskan berkumur dari salah satu cara mencegah penyakit flu. Juru bicara kementerian mengatakan tidak ada bukti yang pasti kalau berkumur dapat mencegah virus penyebab flu masuk ke tubuh manusia.

Advertisement

Hiroyuki Sakai, Direktur dari Klinik Sakai, mengatakan penyebab virus masuk ke tubuh lewat saluran pernapasan. “Virus penyebab flu masuk ke tubuh manusia dalam waktu kurang lebih 20 menit lewat saluran pernapasan. Jadi, seseorang yang ingin bebas dari virus ini harus berkumur setiap 20 menit sekali, yang kemungkinan sulit untuk dilakukan.”

Dokter Sakai,menambahkan walaupun berkumur tidaklah memiliki kekuatan untuk mencegah virus penyakit flu namun tetap memiliki manfaat bagi tenggorokan seseorang.

“Tenggorokan yang kering merupakan saat dimana virus penyebab flu paling mudah menyerang, jadi berkumur dapat memberikan kelembaban pada tenggorokan dan dapat membersihkan virus tersebut.” (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

 

Advertisement
Kata Kunci : Info Hidup Sehat
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif