Soloraya
Senin, 3 Agustus 2015 - 22:40 WIB

KEKERINGAN WONOGIRI : Pemkab Kaji 4 Sumur Dalam, Ini Lokasinya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sumur dalam (JIBI/Solopos/Dok.)

Kekeringan Wonogiri, Pemkab Wonogiri siapkan sumur dalam
Solopos.com, WONOGIRI–Pemkab Wonogiri tengah mengkaji pembuatan sumur dalam di wilayah Kecamatan Pracimantoro. Ada empat lokasi yang diperkirakan memiliki sumber air.
Kepala Bidang Geologi Air Tanah dan Energi Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPESDM) Wonogiri, Patrem Joko Priyono, mengatakan keempat lokasi tersebut adalah di Trukan, Sedayu, Suci, dan Banaran. “Belum diketahui seperti apa kualitas air maupun jumlahnya. Tapi berdasarkan hasil penyelidikan sementara, di lokasi tersebut ada airnya meskipun berada di kedalaman lebih dari 100 meter,” kata dia saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Senin (3/8/2015 ).
Menurut dia, program pengadaan air bersih tersebut diupayakan selesai tahun ini. “Untuk kegiatannya belum dimulai, baru mau dilelangkan,” kata dia.

Selain di Pracimantoro, rencana pembuatan sumur dalam juga akan dilakukan di wilayah lain yang mengalami krisis air. Total tahun ini ada 15 sumur dalam yang akan dikerjakan. Lokasinya tersebar di Giriwoyo, Selogiri, Baturetno, Jatiroto, Jatisrono, dan Pracimantoro. Total anggaran yang disediakan sekitar Rp6 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan anggaran provinsi. “Khusus untuk Pracimantoro ada Rp1,5 miliar,” kata dia.
Di sisi lain, Patrem mengatakan saat ini di Gambirmanis, Pracimantoro, tepatnya di dusun Bakalan sudah ada sumber air. “Sudah dinaikkan ke bak penampung, tinggal penyaluran ke rumah warga saja yang berlu dipikirkan,” kata dia.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif