Lifestyle
Jumat, 31 Juli 2015 - 14:15 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini 5 Cara Dongkrak Kecerdasan Otak

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Meditasi menjadi salah satu alternatif cara untuk membuat tubuh dan pikiran Anda rileks. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Tips kesehatan ini terkait cara meningkatkan kecerdasan otak.

Solopos.com, SOLO – Sebagian orang beranggapan kecerdasan itu mutlak bawaan dari lahir. Namun tak sedikit pula orang berpendapat kecerdasan bisa ditingkatkan dengan metode pembelajaran yang baik. Lalu mana yang benar?

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Jumat (31/7/2015) dari Womenhealthandfitness, sebuah penelitian menunjukkan kecerdasan otak bisa ditingkatkan melalui beberapa cara. Penelitian tersebut menjelaskan kecerdasan otak bisa ditingkatkan karena otak manusia tidak pernah berhenti berkembang.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan otak:

Advertisement

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan otak:

1. Meditasi

Meditasi atau pemusatan pikiran bisa meningkatkan daya ingat, meningkatkan ukuran otak dan membuat otak kanan dan kiri bekerja seimbang. Menurut sebuah penelitian eksplorasi dan kesadaran, seseorang yang melakukan meditasi selama delapan pekan akan mendapatkan peningkatan fungsi otak bahkan jika mereka sudah berhenti meditasi.

Advertisement

Bermain game seperti catur, sudoku, dan teka-teki silang (TTS) dapat membantu otak untuk melakukan sedikit latihan mental.

“Meskipun orang-orang bisa melatih diri mereka untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan baik, hal itu jarang meningkatkan kemampuan otak untuk jenis pekerjaan lainnya,” kata Nick Haslam, seorang profesor dari Universitas Melbourne, Australia.

3. Istirahat

Advertisement

Istirahat yang baik untuk otak adalah tidur. “Istirahat cukup akan membuat kemampuan kognitif meningkat,” kata Haslam.

4. Tetap bugar

Semboyan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat sepertinya sangat cocok untuk menggambarkan fisik yang bugar akan membuat otak bekerja lebih efektif. Olahraga rutin bisa meningkatkan daya ingat dan kecepatan berpikir.

Advertisement

5. Relasi

Membangun relasi dengan banyak orang akan menambah pengetahuan umum Anda. Sebuah kesuksesan bisa dicapai dengan membangun relasi dan hubungan baik dengan keluarga atau orang sekitar Anda. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif