Lifestyle
Rabu, 29 Juli 2015 - 07:40 WIB

PENELITIAN TERBARU : Ilmuwan Ungkap Cara Tunda Penuaan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penuaan dini (Boldsky.com)

Penelitian terbaru mengungkap cara menunda penuaan dini

Solopos.com, CHICAGO – Penuaan dini merupakan salah satu momok bagi sebagian besar manusia. Penelitian terbaru yang dilakukan para peneliti dari NorthwesternUniversity berusaha memecahkan persoalan tersebut.

Advertisement

Para peneliti mengambil sel cacing berjenis C. Elegans untuk dianalisa lebih lanjut. Mereka menggunakan se-sel dalam cacing itu sebagai sampel mengetahui proses penuaan diri dalam cacing.

Dilansir Dailymail.co.uk, Jumat (24/7/2015), penelitian terbaru itu telah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Para peneliti berhasil mengamati proses penuaan dini dalam sel cacing C.Elegans.

Tak hanya itu, mereka juga akan membandingkan proses tersebut dengan proses penuaan dini yang dialami manusia. Hal tersebut dapat dilakukan karena cacing C.Elegans dan manusia memiliki sel genetik yang hampir sama.

Advertisement

Dalam artikel yang dimuat jurnal Molecular Cell, para peneliti akan melanjutkan penelitian baru itu dengan mengamati cara cacing dapat menghindari penyakit-penyakit yang disebabkan penuaan dini sel-sel mereka.

“Keadaan akan sangat baik bagi manusia jika mereka memiliki kualitas hidup lebih baik dan produktivitas lebih lama. Kami sangat menjaga kualitas penelitian. Dan sekarang kami berusaha mencapat target kami,” ujar seorang peneliti senior dalam studi tersebut, Richard Morimoto.

“Hasil penelitian terbaru kami menyimpulkan pasti ada cara untuk mengubah sel-sel tua menjadi produktif kembali. Untuk menunda penuaan dini manusia harus meningkatkan kemampuan sel-sel mereka dalam mengelola stres,” pungkasnya. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif