Lifestyle
Selasa, 28 Juli 2015 - 18:10 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Kesalahan Sebelum Tidur Ini Bikin Anda Gemuk

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Healthmeup.com)

Tips hidup sehat membahas kesalahan sebelum tidur yang membuat berat badan naik.

Solopos.com, SOLO – Lemak berlebih menjadi musuh utama wanita yang menyebabkan kelebihan berat badan. Tak hanya itu, lemak ternyata juga bisa menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh. Tidur yang sebenarnya dapat berperan menjaga regulasi hormon bisa menjadi sumber lemak jika Anda melakukan kesalahan-kesalahan fatal.

Advertisement

Dilansir Solopos.com, Selasa (28/7/2015), dari Rodalewellness.com, ada beberapa kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan seseorang sebelum tidur sehingga menyebabkan kegemukan. Berikut kesalahan-kesalahan yang dilakukan dan cara mengatasinya:

Makan Terlalu Dekat dengan Jam Tidur
Makan terlalu larut menyebabkan badan tidak bisa melakukan pendinginan saat tidur sehingga dapat meningkatkan hormon insulin. Hasilnya, hormon melatonin dan hormon pertumbuhan tidak akan diproduksi tubuh secara maksimal. Solusinya, makan tiga jam sebelum tidur.

Tidur dengan Lampu Menyala
Tubuh harus dijauhkan dari berbagai barang elektronik saat tidur. Barang elektronik dapat menganggu produksi hormon melatonin dan serotonin, bahkan tidur dekat barang elektronik bisa meningkatkan risiko kanker. Solusinya, tidur dalam gelap dan jauhkan barang elektronik kurang lebih satu meter dari tubuh.

Advertisement

Minum Air Terlalu Banyak
Minum air terlalu banyak dapat meningkatkan frekuensi ke toilet. Hal itu akan menganggu pola tidur Anda dan produksi hormon melatonin akan terganggu. Solusinya, berhenti minum air dua jam sebelum tidur.

Olahraga di Malam Hari
Olahraga di pagi hari bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak, tapi olahraga sebelum tidur justru akan menstimulasi aktivitas otak untuk tetap bekerja. Solusinya, hentikan aktivitas olahraga tiga jam sebelum tidur.

Menonton TV Sebelum Tidur
Menonton TV dan bermain komputer sebelum tidur bisa meningkatkan hormon noradreline dan dopamine yang bisa menganggu kualitas tidur. Solusinya, alihkan aktivitas Anda menjadi membaca atau meditasi.

Advertisement

Membiarkan Ruangan Gelap saat Bangun
Setelah Anda bangun bergegaslah untuk menyalakan lampu atau membuka jendela. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar melatonin dalam tubuh sesaat setelah Anda terbangun. Kadar melatonin yang tinggi di siang hari dapat menyebabkan depresi, rasa cemas dan rasa ingin berlebihan. Solusinya, nyalakan lampu sesaat setelah bangun.

Tidur Terlalu Larut
Tidur larut malam membuat Anda kehilangan banyak energi di pagi hari. Tidur larut malam juga dapat menyebabkan insomnia. Solusinya, cobalah tidur lebih awal. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif