Lifestyle
Selasa, 28 Juli 2015 - 00:40 WIB

INFO KESEHATAN : Awas! 5 Bahan Berbahaya Intai Kosmetik Anda

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kosmetik (JIBI/Dok)

Info kesehatan mengenai lima bahan berbaya dalam kosmetik.

Solopos.com, SOLO – Bagi sebagian wanita kosmetik merupakan produk wajib untuk kecantikan. Tapi sadarkah Anda jika kosmetik tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh?

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Senin (27/7/2015) dari Rodalesorganiclife.com, terdapat lima bahan berbahaya yang terkandung dalam produk kosmetik. Penelitian menunjukkan bahwa 400 jenis lipstick positif mengandung zat yang bisa merusak otak.

Pendiri gerakan Kampanye Kosmetik Aman, Stacy Malkan memaparkan tidak sulit konsumen menghindari zat berbahaya itu. “Seharusnya tidak sulit bagi konsumen untuk menghindari produk yang berbahaya.”

Malkan juga menjelaskan mereka harus mengupdate daftar kosmetik untuk kemudian diserahkan pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Masyarakat harus lebih teliti dalam memperhatikan petunjuk dan komposisi produk kosmetik sebelum menggunakannya.

Advertisement

Banyak produk kosmetik yang tidak menjalani tes penggunaan jangka panjang sebelum dijual ke pasaran. “Wanita rata-rata menggunakan produk perawatan diri yang mengandung 180 jenis bahan kimia, jadi kadar racun yang terakumulasi dalam tubuh terus bertambah,” jelas Malkan.

Berikut adalah lima bahan berbahaya yang terkandung dalam kosmetik:

Fragrance atau pengharum

Advertisement

Produk kosmetik yang mengandung pengharum sintetis mengandung lebih banyak bahan kimia daripada produk yang tidak menggunakan pengharum.

Pengharum ini bisa menyebabkan asma, alergi, ganguan hormon dan gangguan kesuburan wanita.

“Pilih produk dengan kadar kimia yang lebih sedikit, jauhi pengharum sintetis, terutama untuk ibu hamil dan anak-anak,” terang Malkan.

Paraben

Paraben merupakan senyawa kimia yang bisa mengakibatkan kanker payudara. Menurut sebuah organisasi kesehatan, The David Suzuki Foundation, paraben ditemukan pada 70%- 90% dari jumlah kosmetik yang dijual di pasaran.

Paraben bisa langsung diserap oleh tubuh dan bisa menganggu organ reproduksi manusia. Hindari produk yang bertuliskan paraben atau methylparaben.

Triclosan

Triclosan adalah senyawa kimia yang bisa mengakibatkan kerusakan kelenjar thyroid.

Senyawa ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan sabun dan detergen. Hindari kosmetik dengan komposisi triclosan pada labelnya.

Formaldehyde

Formaldehyde dikenal sebagai bahan penyebab kanker. Masalahnya adalah banyak perusahaan kosmetik yang tidak sadar telah menciptakan senyawa tersebut karena pencampuran bahan yang tidak tepat.

Bahan seperti hydantoin, diazolidinyl urea, imidazolidinyl urea, methenamine, quaternium-15, dan sodium hydroxymethylglycinate sebaiknya dihindari karena bisa menjadi penyebab kemunculan senyawa formaldehyde.

Sodium Laureth Sulfate

Sodium Laureth Sulfate adalah bahan yang digunakan untuk membuat sampo dan sabun muka.

Senyawa sulfaktan ini biasanya terkandung di produk kosmetik seperti body lotion dan pelembab wajah.

Jauhi kosmetik dengan bahan ini karena bisa menyebabkan kanker. (Diah Puspita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif