Lifestyle
Senin, 27 Juli 2015 - 15:55 WIB

INFO KESEHATAN : Ini 5 Tanda Gangguan Hormon pada Wanita

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rambut rontok (Healthmeup.com)

Info kesehatan memberitahu tanda-tanda gangguan hormon pada kaum wanita.

Solopos.com, SOLO – Hormon merupakan zat penting yang diproduksi oleh tubuh. Hormon tersebut dapat memengaruhi tingkat emosi, enegi, kecantikan dan insting Kaum Hawa. Lalu apa yang terjadi jika hormon tersebut terganggu?

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Senin (27/7/2015) dari Rodalwellness.com, ada gejala-gejala yang memberitahu hormon Anda mengalami gangguan. Seorang dokter dan ahli bedah, Tanseem Bhatia menjelaskan manusia sering merasa ada yang salah dengan tubuh mereka. Sebenarnya perasaan itu berasal dari hormon yang mengalami gangguan.

“Jika Anda tidak ingin mengalami masalah kesehatan, cobalah untuk mengamati tanda-tanda gangguang hormon dengan lebih teliti,” kata Bhatia.

Advertisement

“Jika Anda tidak ingin mengalami masalah kesehatan, cobalah untuk mengamati tanda-tanda gangguang hormon dengan lebih teliti,” kata Bhatia.

Berikut adalah tanda-tanda gangguan hormon:

1. Kelelahan

Advertisement

Pergilah ke dokter untuk mengecek hormon Anda, seperti hormon thyroid, insulin, estrogen, dan progesteron.

2. Insomnia

Rasa lelah juga berpengaruh pada insomnia atau keadaan susah tidur. Hormon berperan dalam mengatur jam tidur Anda, dan banyak sekali orang-orang yang insomnia sebenarnya mengalami perubahan hormon. Hormon progesteron yang rendah bisa menyebabkan insomnia, sedangkan hormon estrogen yang rendah dapat meyebabkan Anda berkeringat saat tidur.

Advertisement

3. Cepat Marah

Rasa marah Anda mudah terpicu dengan hal-hal sepele? Bisa jadi hormon Anda mengalami gangguan. Anda akan berubah menjadi orang yang pemarah dan memiliki emosi yang meledak-ledak.

Untuk wanita, perubahan hormon ini sering terjadi sebelum menstruasi. Hal ini dikarenakan hormon dalam tubuh sedang tidak seimbang.

Advertisement

4. Rambut Rontok

Rambut bisa menjadi penanda seseorang mengalami gangguan hormon. Rambut yang rontok dibagian ubun-ubun merupakan tanda gangguan hormon thyroid sementara rambut rontok pada bagian pelipis menunjukkan gangguan hormon progesteron dan estrogen.

5. Berat Badan Naik

Perubahan berat badan yang tiba-tiba bisa menjadi indikasi gangguan hormon. Bertambahnya berat badan pada perut dan lengan menjadi tanda gangguan hormon insulin.

Sedangkan penambahan berat pada dada adalah gangguan hormon estrogen, dan penambahan berat di pinggul merupakan gangguang hormon thyroid. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif