Lifestyle
Minggu, 19 Juli 2015 - 05:45 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Bau Badan Bikin Waswas? Hilangkan dengan 3 Cara Ini

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bau badan (Lifebuoy.co.id)

Tips hidup sehat kali ini mengulas soal cara jitu menghilangkan bau napas, bau kaki, dan bau badan secara umumnya.

Solopos.com, JAKARTA — Bau badan bisa mengganggu kenyamanan kita dan untuk orang di sekitar kita. Beberapa bau tubuh yang kerap kali membuat hidup seseorang was-was, antara lain bau napas, bau kaki, dan bau asap rokok yang melekat di tubuh.

Advertisement

Nah, kali ini, ada tips jitu agar masalah bau badan Anda teratasi. Berikut adalah beberapa skenario bau dan tips untuk mengatasinya dalam waktu singkat, sebagaimana dikutip Okezone dari Menshealth, Rabu (15/7/2015).

Bau Napas Saat Kencan
Menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan obat kumur mungkin tidak cukup untuk menghilangkan bau mulut. Pasalnya, menurut Bruce Paster, Ph.D, dari Forsyth Institute, ada bakteri yang menetap di bagian belakang lidah Anda.

George Preti, Ph.D., peneliti di Monell Chemical Senses Center menjelaskan, jika Anda merasa sulit membawa sikat atau pembersih lidah, ambil kertas pengering tangan yang bersih untuk digosokkan ke bagian belakang lidah secara lembut. Hal ini berfungsi untuk mengangkat kuman.

Advertisement

Sementara itu, menurut Patricia Lenton, MA, dari University of Minnesota School of Dentistry, cara lain yang lebih mudah untuk menghilangkan bau napas adalah dengan mengunyah buah atau sayuran renyah, seperti apel. Hal ini juga dapat menyingkirkan beberapa bakteri yang tumbuh di mulut Anda. Namun, bila napas Anda terus berbau, bisa jadi Anda mengalami gejala penyakit gusi.

Bau Kaki
Patricia menjelaskan, keringat dan kelembaban adalah penyebab bau kaki. Sebaiknya, Anda mengambil waktu untuk pergi ke toilet. Lepaskan sepatu Anda dan lap sol alas kaki yang lembab dengan tisu kering. Jika Anda membawa antiperspirant, pakaikan langsung ke sepatu, kaki, dan kaus kaki Anda.

Bau Asap Rokok
Menurut Norval Hickman, Ph.D, Program Officer di Tobacco-Related Disease Research Program, nikotin bersifat sangat lengket. Jika Anda tidak memiliki pakaian ganti, setidaknya buka pakaian atas, seperti jaket.

Advertisement

Seain itu, Anda juga dapat mencoba menggosok pakaian Anda dengan sedikit air jeruk di atas permukaan yang berbau. Air jeruk ini bisa menjadi pembersih alami dan dapat memberikan aroma segar. Tapi hati-hati, cairan lemon dapat membuat perubahan warna pada pakaian, jadi pastikan Anda segera mencuci pakaian setelah menggunakan air jeruk.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif