Lifestyle
Minggu, 19 Juli 2015 - 17:10 WIB

LEBARAN 2015 : Ingin Tetap Bugar Setelah Mudik? Ini Tipsnya...

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik dengan sepeda motor (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2015 dilalui sebagian besar masyarakat dengan pulang kampung untuk bersilaturahmi dengan saudara.

Solopos.com, SOLO – Setelah melalukan perjalanan jauh untuk kembali ke kampung halaman, tubuh menjadi rentan sakit. Lalu, bagaiman cara mengoptimalkan kondisi tubuh agar bisa kembali bekerja dengan baik pascamudik?

Advertisement

Dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Ngabila Salama dari berbagi kiat agat pemudik dapat kembali menjalankan rutinitas kerja dalam kondisi bugar.

Pertama, istirahat dan tidur yang cukup, yakni minimal tujuh hingga delapan jam dalam sehari. Saat perjalanan mudik, sempatkan waktu untuk beristirahat agar kondisi tetap fit.

Selain itu, penting untuk menjaga pola makan sehat. Pilih menu makanan seimbang empat sehat lima sempurna yang disantap secara  teratur.

Advertisement

“Kurangi makanan yang banyak mengandung kolesterol,” ujarnya kala dihubungi Antaranews.com, Minggu (19/7/2015).

Kolesterol banyak terkandung dalam sumber hewani, seperti kuning telur, dan kulit ayam. Juga makanan yang mengandung santan, minyak, mentega, dan lemak.

Selain itu, kurangi juga santapan yang dapat menimbulkan asam urat seperti bayam, kangkung, daun singkong, emping melinjo, nangka, durian, jeroan, otak dan lemak.

Advertisement

“Kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, termasuk gula itu sendiri, juga pemanis buatan pada minuman berkemasan seperti soda,” jelas Bila.

Pada pasien dengan penyakit kronik degeneratif, seperti darah tinggi, kencing manis, jantung, dislipidemia, dan asam urat tinggi harus memeriksakan kembali tekanan darah, kadar gula darah, kadar kolesterol/profil lipid lainnya serta asam urat. Olahraga secara teratur setidaknya tiga hari dalam sepekan dengan durasi 30-60 menit per hari juga penting dilakukan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif