Jatim
Minggu, 5 Juli 2015 - 15:05 WIB

TIPS MUDIK AMAN : Penting, Inilah Tips Jika Berpapasan dengan Bus atau Truk Besar di Jalan Raya

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi saat di jalan raya berpapasan dengan bus dan truk. (istimewa/Facebook)

Tips mudik aman di jalan raya ini sangat berguna bagi anda yang mengemudi kendaraan pribadi dan berpapasan dengan bus atau truk.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Mudik Lebaran menjadi momentum yang sangat dinanti-nanti setiap keluarga di Indonesia. Namun, tetap harus hati-hati. Jangan sampai rencana berkumpul keluarga dan sanak saudara di kampung halaman malah berujung petaka karena kelalaian dan tak menguasai medan di jalan raya.

Advertisement

Berikut adalah tips “menjelajahi” jalan raya bagi para pengendara mobil atau motor yang dihimpun Madiun Pos dari berbagai sumber. Maklum saja, jalan raya yang penuh dengan bus-bus besar berlaju cukup kencang, kini tak ubahnya tempat pembantaian nyawa paling menyeramkan. Jika Anda merasa sayang nyawa, tak ada salahnya memelajari tips aman mudik di jalan raya ini.

1. Jika jalur kamu diambil dari arah berlawanan

Advertisement

1. Jika jalur kamu diambil dari arah berlawanan

Kurangi kecepatan, minggir ke kiri, cukup pasang lampu sein kanan (sinyal bahwa anda minta diberi jalan) dan kasih lampu jauh (dim) sekali saja (sinyal peringatan “awas”) jangan dipantheng, maka Anda akan dihormati dan dikasih jalan. Tapi kalau lampu jauh dipantheng, jangan harap dikasih jalan. Try it and believe it!

2. Anda mau menyalip bus

Advertisement

3. Anda mau menyalip bus tapi di depan bus ada truk

Kalau Anda berada di belakang bus, di depan bus ada truk dan anda mau menyalip truk, nyalakan dim sekali saat masih di belakang bus. Ini sebagai pertanda bahwa ada yang mengikuti bus. Lalu perhatikan lampu sein busnya:

– Kalau sein bus dinyalakan terus di kanan, artinya di depan aman dan kamu bisa mengikuti busnya.

Advertisement

– Kalau sein bus dinyalakan sebentar ke kanan terus sein balik ke kiri, artinya ada kendaraan dari arah berlawanan, yang di belakang harus balik ke kiri.

– Kalau sein bus tiba-tiba mati setelah sein kanan dinyalakan, artinya anda boleh mengikuti boleh tidak, seharusnya bisa mengikuti tapi biar lebih aman, anda mengintip sedikit ke kanan. Tapi tetap berhati-hati ya.

4. Bertemu bus malam dari arah berlawanan

Advertisement

Tidak bisa dihindari kalau waktu di jalan raya anda pasti bertemu dengan bus dari arah yang berlawanan. Perhatikan lampu sein bus, kalau sein bus dinyalakan ke kiri, artinya di belakang ada kendaraan lain yang ingin menyalip juga.

Hati-hati ya. Tapi kalau bus mematikan lampu utama dan memasang lampu hazard artinya bus memintamu untuk memberi jalan dan di belakang bus ada kendaraan yang juga ikut menyalip dengan jarak yang terlalu dekat. (bersambung)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif