Jatim
Minggu, 5 Juli 2015 - 17:05 WIB

TIPS MUDIK AMAN : Penting, Inilah Tiga Langkah Ketika Mobil Anda Diapit Dua Bus Besar

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (istimewa/ Facebook)

Tips mudik aman di jalan raya ini tentang langkah pengemudi ketika diapit dua bus di lampu merah.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN –Anda semua pasti kerap melihat ada bus berjejer di lampu merah bahkan ada juga yang sampai mengambil bagian kiri jalan untuk mendahului. Saat lampu hijau, bus itu saling mendahului dan alhasil bus yang berada di kiri jalan akan pindah jalur ke kanan dengan menyalakan sein kanan.

Advertisement

Saat itu anda berada di tengah-tengah dia bus tersebut. Posisi yang sangat tidak aman sekaligus berbahaya. Tapi, Anda punya 3 pilihan untuk melakukan langkah penyelamatan diri. Berikut tips yang dihimpun Madiun Pos dari sejumlah sumber terkait kasus di atas.

Pertama, beri lampu hazard (lampu darurat) saat berjalan setelah lampu hijau dan pelankan laju kendaraan anda, biarkan bus mendahului.

Kedua, sebelum lampu hijau, nyalakan sein kanan dan masuk di antara bus yang berjejer tersebut, tapi anda harus siap menambah kecepatan dan tetap menjaga jarak.

Advertisement

Pilihan terakhir adalah usahakan jangan berada di antara mereka, yakni bus maupun truk. Ilmu orang sabar ialah sing waras ngalah. “Nek ra sabar maburo,” begitu kalimat yang sering terbaca di truk-truk.

Bagaimana? Anda pernah ada di posisi tersebut? Ya, yang terpenting Anda harus tetap sabar, jaga jarak dan selalu perhatikan lampu sein bus atau truk. Jangan melamun apalagi tidur waktu mengemudi. Bahaya!

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : TIPS MUDIK AMAN
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif