News
Minggu, 5 Juli 2015 - 19:40 WIB

PENDAKI SEMERU JATUH KE JURANG : Pendaki Asal Jabar Jatuh ke Jurang Saat Turuni Mahameru

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Semeru (JIBI/Solopos/Antara)

Pendaki Semeru jatuh ke jurang. Proses evakuasi masih berlangsung.

Solopos.com, MALANG – Pendaki asal Jawa Barat, Budiawan, jatuh di jurang Gunung Semeru. Budiawan yang jatuh ke jurang saat turun dari Puncak Mahameru, Gunung Semeru.

Advertisement

Budiawan dilaporkan hilang pada Kamis (2/7/2015) pukul 14.10 WIB. Budiawan warga Jl Raya Jampang Parung, RT 001/RW 005, Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ditemukan relawan berada di jurang Blank 75, Gunung Semeru.

Proses evakuasi Budiawan, Minggu (5/7/2015), masih berlangsung. Kondisi survivor yang mengalami luka di kepala dan tidak bisa berjalan menyulitkan proses evakuasi.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi Utaru menginformasikan, proses evakuasi masih berlangsung karena beratnya medan yang harus dilalui.

Advertisement

“Kondisi survivor luka di kepala dan tidak bisa jalan, dan harus ditandu. Mohon doanya agar proses evakuasi berjalan lancar,” ujar Ayu, Minggu (5/6/2015) sebagaimana dikutip Okezone.

Evakuasi Budiawan melalui jalur Tawon Songo yang medannya cukup berat, selain hutan belantara, jalurnya juga curam. Informasi terakhir yang diterima TNBTS, sekira pukul 15.00 WIB, mereka masih berada di sekitar kawasan Blank 75.

Beratnya medan serta kondisi survivor yang harus ditandu membuat tim evakuasi yang berjumlah sekira 10 orang terpaksa memilih perjalanan di siang hari. “Malam ini tim menginap lagi, karena mereka harus jalan di siang hari,” kata Ayu.

Advertisement

Budiawan dilaporkan hilang sejak Kamis 2 Juli 2015 sekira pukul 14.10 WIB. Korban diketahui beralamat di Jalan Raya Jampang Parung, RT 01 RW 05, Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Survivor ditemukan terjatuh di jurang Blank 75 setelah tim gabungan menyisir area tersebut. Budiawan terjatuh saat turun dari puncak Mahameru. Ia sebelumnya naik bersama dua temannya dengan tujuan Kalimati.

Batas pendakian ke Semeru memang hanya sampai pos Kalimati saja, namun masih banyak pendaki yang melanggar ketentuan ini meski sudah menandatangani surat pernyataan di pos pendaftaran.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif