Lifestyle
Minggu, 5 Juli 2015 - 07:45 WIB

KULINER SOLO : Brambang Asem, Si Pedas yang Bikin Kangen

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Brambang Asem (Eni Widiastuti/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo ini tentang brambang asem.

Solopos.com, SOLO – Brambang asem adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah. Sesuai namanya, brambang asem menawarkan cita rasa dengan aroma khas brambang (bawang merah) yang dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya yaitu terasi, asem, cabai, dan gula jawa.

Advertisement

Di Kota Solo, cukup banyak rumah makan atau warung biasa yang menjual brambang asem. Salah satu tempat makan di Solo yang terkenal dengan menu brambang asem adalah Warned dan Anno Juice yang beralamat di Jl. Sam Ratulangi 27 Manahan, Solo. Warned adalah singkatan dari warung nedha.

Saya mengunjungi warung itu Rabu (1/7/2015) siang. Beberapa orang pengunjung sedang menikmati aneka menu yang ditawarkan warned. Ada yang menikmati kesegaran es cendol jeruk, gado-gado, brambang asem, es teh dan lainnya.

Advertisement

Saya mengunjungi warung itu Rabu (1/7/2015) siang. Beberapa orang pengunjung sedang menikmati aneka menu yang ditawarkan warned. Ada yang menikmati kesegaran es cendol jeruk, gado-gado, brambang asem, es teh dan lainnya.

Tak kalah ramai, beberapa orang membeli aneka menu untuk dibawa pulang. Selama kurang lebih satu jam saya di warung itu, tak ada jeda pengunjung yang datang silih berganti.

Awalnya, saya hanya berniat survei tempat untuk menanyakan sampai jam berapa warung itu buka selama Ramadan. Saya sebenarnya ingin mencicipi aneka menu di warung itu, ketika waktu berbuka puasa telah tiba.

Advertisement

“Selama Ramadan, warung buka sampai waktu buka puasa. Tapi kalau sudah habis saya tidak masak lagi. Maksimal setelah magrib warung sudah tutup,” ungkap Sri Untari saat saya temui di sela-sela aktivitasnya melayani para pelanggan.

Ketika waktu berbuka puasa tiba, saya pun segera menikmati kesegaran es cendol jeruk yang sebelumnya saya masukkan ke lemari es. Satu mangkuk cendol berwarna putih yang dicampur dengan sirup berwarna merah dan air perasan jeruk nipis sangat pas untuk hidangan awal berbuka puasa.

Menu berikutnya yang saya coba adalah bakwan sambal. Bakwan sambal khas warned adalah bakwan biasa yang dipotong-potong membentuk segi empat, lalu disiram dengan sambal brambang asem.

Advertisement

Seperti bakwan pada umumnya, bakwan warned adalah tepung yang dicampur sayuran tauge, kubis dan wortel. Ketika saya mencicipi bakwan itu dengan sambal brambang asem, rasanya maknyus.

Sebagai penutup berbuka puasa, saya makan nasi dengan menu brambang asem. Brambang asem warned memang menawarkan cita rasa yang berbeda dari brambang asem yang pernah saya cicipi selama ini.

Rasa pedas dan manis sambalnya yang berwarna coklat terasa sangat pas untuk menikmati sayuran daun ubi jalar yang telah direbus. Warna daun ubi jalar yang masih hijau, membuat penampilan brambang asem warned lebih menarik.

Advertisement

Suara kres-kres terdengar ketika saya mengunyah sayuran brambang asem itu. Dalam satu porsi brambang asem warned, juga ada tempe gembus berukuran sekitar 10 centimeter x 10 centimeter. Untuk menikmati tiga menu itu, saya hanya membayar Rp12.500.

“Kalau ditanya resepnya apa, sebenarnya mungkin sama dengan bumbu brambang asem lainnya. Cuma saya punya racikan tersendiri yang kata orang-orang rasanya jadi nikmat,” ungkap Sri Untari.

Sebagai pembanding, saya juga menikmati brambang asem yang dijual seorang pedagang di Mojosongo, Solo, Maryanti. Dari segi penampilan, daun ubi jalar yang telah direbus tidak sehijau daun uji jalar warned.

Oleh karena itu ketika saya makan, terasa kurang segar sebagaimana brambang asem warned. Dalam satu porsi brambang asem seharga Rp2.000, terdapat tempe gembus berukuran sekitar 2 cm x 2 cm. Dari segi rasa, sambal terasa lebih pedas.

Pelanggan Warned asal Kerten, Solo, Debi Waruna, 20, mengaku cukup sering membeli brambang asem warned. “Rasanya enak. Jadi kalau ingin brambang asem ya ke sini [warned],” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif