Soloraya
Sabtu, 4 Juli 2015 - 00:45 WIB

INFO MUDIK : Dishubkominfo Wonogiri Pasang 8 Kamera CCTV dan Wifi Gratis

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamera CCTV (2mcctv.com)

Info mudik dari Wonogiri, Dishubkominfo memasang delapan kamera CCTV dan Wifi gratis.

Solopos.com, WONOGIRI — Pengelola Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Wonogiri memasang delapan kamera close circuit television (CCTV) untuk memantau jalur mudik Lebaran.

Advertisement

Kedelapan kamera CCTV itu dipasang di Terminal Giri Adipura, simpang empat Krisak, jalur utama Solo-Wonogiri, dan simpang empat Ponten atau dalam kota. Selain memasang kamera CCTV, Dishubkominfo juga memfungsikan wireless fidelity (wifi) atau layanan Internat tanpa kabel di 25 kecamatan di Wonogiri.

Wifi di masing-masing kecamatan akan difungsikan secara gratis selama libur Lebaran. Hal itu disampaikan Kepala Dishubkominfo Wonogiri, Ismiyanto, saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (3/7/2015).

Advertisement

Wifi di masing-masing kecamatan akan difungsikan secara gratis selama libur Lebaran. Hal itu disampaikan Kepala Dishubkominfo Wonogiri, Ismiyanto, saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (3/7/2015).

Didampingi Kabid Perhubungan E. Suwargiyanto dan Kepala Seksi (Kasi) Telematika Dishubkominfo Wonogiri Dwi Saputra, Ismiyanto menjelaskan pemasangan kamera CCTV dimaksudkan mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan di terminal dan jalan raya.

“Kejadian 24 jam terekam di kamera CCTV. Jika muncul tindak kejahatan di jalur kamera CCTV akan terekam dan bisa dideteksi siapa pelakunya,” jelas Ismiyanto.

Advertisement

Rekayasa itu dengan mempersilahkan pengguna jalan dari Solo atau arus masuk ke Wonogiri berjalan terus walau lampu menyala merah. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kemacetan panjang di jalur padat itu.

“Perubahan itu dimaksudkan agar di saat Lebaran, antrean kendaraan dari traffic light Krisak tidak memanjang sampai depan Kantor Kecamatan Selogiri,” jelas dia.

Rekayasa traffic light ini dilakukan berdasarkan masukan dari berbagai elemen masyarakat karena saat Lebaran arus lalu lintas di kawasan itu cukup padat. Pada Lebaran tahun lalu, traffic light di Klampisan dekat terminal lama mengakibatkan kemacetan lalu lintas hingga Terminal Krisak.

Advertisement

“Jika di Krisak ada traffic light kemacetan diprediksi lebih panjang lagi,” ujar dia.

Pada bagian lain, Ismiyanto mengatakan sejak Jumat atau H-15 semua personel Dishubkominfo telah siaga mengamankan arus mudik. Personel Dishubkominfo siaga di masing-masing terminal di setiap kecamatan.

Kasi Telematika Dishubkominfo Wonogiri, Dwi Saputro,  menambahkan di Terminal Giri Adipura dipasang lima kamera CCTV yang terbagi di ruang tunggu penumpang empat kamera dan satu lagi di pintu masuk terminal.

Advertisement

Satu kamera CCTV lainnya dipasang persimpangan jalan untuk memantau arus keluar masuk kendaraan ke Wonogiri. Sedangkan dua kamera lagi dipasang di simpang empat Ponten untuk memantau arus kendaraan dari timur dan selatan. Dwi menjelaskan semua kamera CCTV dipantau dari posko induk Lebaran di Kantor Dishubkominfo Wonogiri.  Mengenai wifi di masing-masing kecamatan, menurut Dwi, memiliki radius pancar sekitar 50 meter dari kantor pemerintah kecamatan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif