Soloraya
Kamis, 25 Juni 2015 - 14:30 WIB

ASAL USUL : Asale Segorogunung Lereng Lawu Karanganyar

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana lingkungan permukiman di Desa Segorogunung, Ngargoyoso, Karanganyar, belum lama ini. (Bayu Jatmiko A/JIBI/Solopos)

Asal usul kali ini mengenai Desa Segorogunung, sebuah desa di lereng Gunung Lawu Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Segorogunung yang terdapat di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, lereng Gunung Laweu ternyata menyimpan cerita unik. Konon nama desa tersebut dulunya bernama Segorowurung atau lautan yang tidak jadi.

Advertisement

Menurut Kepala Desa Segorogunung, Tri Harjono, berdasarkan cerita yang berkembang, dulunya ada orang sakti yang ingin menjadikan kawasan yang saat ini menjadi kawasan permukiman tersebut sebagai lautan.

“Masih ada penanda-penanda yang katanya dulu sebagai pembatas wilayah yang akan dijadikan lautan itu,” kata dia saat ditemui Solopos.com di Kantor Desa Segorogunung belum lama ini.

Tidak diketahui secara jelas tujuan pembuatan lautan tersebut. Tapi rencana tersebut tiba-tiba urung dilakukan karena sudah diketahui orang lain.

Advertisement

“Maka disebut Segorowurung. Segoro artinya lautan, sedangkan wurung [urung] artinya tidak jadi,” kata dia.

Hanya saja karena lokasinya ada di wilayah pegunungan, maka sekarang dikenal dengan nama Segorogunung.

Tri mengatakan Segorogunung merupakan salah satu desa di Kecamatan Ngargoyoso yang memiliki potensi pertanian dan wisata alam. “Potensi yang paling menonjol memang pertanian. Hampir sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani. Segorogunung juga memiliki potensi wisata yang cukup menarik sebenarnya. Di sini juga terdapat lokasi paralayang yang sering dikunjungi penggemar paralayang dari berbagai daerah,” kata dia.

Advertisement

Desa Segorogunung berada di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut di lereng Gunung Lawu. Suhu udara di wilayah tersebut rata-rata mencapai 22 derajat Celcius.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif