Soloraya
Sabtu, 20 Juni 2015 - 03:10 WIB

PILKADA WONOGIRI 2015 : Senin, 4 Parpol Deklarasikan KWB

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada. (Solopos/Dok)

Pilkada Wonogiri 2015 dari PKS, PAN, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat akan mendeklarasikan Koalisi Wonogiri Baru (KWB).

Solopos.com, WONOGIRI — Empat partai politik di Wonogiri, PKS, PAN, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat, berencana mendeklarasikan terbentuknya Koalisi Wonogiri Baru (KWB), Senin (22/6/2015), di Kantor Sekretariat Bersama DPD PAN Wonogiri.

Advertisement

Saat deklarasi akan diumumkan lima calon yang mendaftar ke KWB. Setelah itu, tim penjaringan dan penyaringan calon di KWB segera memverifikasi calon dari sisi administrasi dan faktual.

“Ada pemilahan kewenangan di masing-masing partai sesuai tingkatan. Kewenangan tingkat kabupaten melakukan penjaringan dan verifikasi, kewenangan di tingkat provinsi melakukan fit and proper test dan survei sedangkan kewenangan DPP atau induk parpol adalah rekomendasi dan fit and proper test kepada para calon,” kata koordinator KWB, Sunarmin, saat ditemui Espos di Gedung DPRD Wonogiri, Jumat (19/6/2015).

Ketua DPD PAN Wonogiri itu mengatakan deklarasi itu masih sebatas deklarasi koalisi untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) Wonogiri tahun ini. Belum ada rencana deklarasi pasangan calon yang akan diusung. “Pada naskah koalisi akan diatur pula sanksi bagi pembelot koalisi,” jelas Sunarmin.

Advertisement

Sunarmin belum menyebutkan sanksi tersebut. Namun, informasi yang beredar menyebut sanksi denda akan diterapkan bagi parpol yang berkhianat pada KWB.

“Inti naskah koalisi adalah mekanisme koalisi, pengajuan calon ke DPP masing-masing partai, mendaftarkan calon ke KPU dan pemenangan calon. Ada kebersamaan sampai akhir,” kata dia.

KWB sudah membuka pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati selama sebulan. Lima orang telah mendaftar dan merekalah yang akan diusulkan ke DPD tingkat provinsi dan DPP masing-masing parpol anggota koalisi.

Advertisement

Lima calon itu adalah dua kader PDIP Sumaryoto dan Wawan Setya Nugraha, Wabup Wonogiri Yuli Handoko, Ketua Majelis Pertimbangan PAN Wonogiri Subandi, serta anggota DPR dari PKS Wonogiri Hamid Noor Yasin. Saat diwawancarai Solopos.com belum lama ini, Hamid mengaku mendaftar ke KWB karena desakan dari berbagai eleman masyarakat Wonogiri.

Hamid mengaku sebenarnya sudah nyaman menunaikan amanah sebagai anggota DPR karena banyak hal yang bisa diperbuat untuk membangun Wonogiri. “Saya akan ikhtiar semaksimal mungkin untuk meyakinkan teman-teman di KWB agar saya bisa menjadi calon yang diusung KWB,” kata dia.

 

 

Advertisement
Kata Kunci : Pilkada Wonogiri 2015
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif