Soloraya
Sabtu, 6 Juni 2015 - 00:45 WIB

PILKADA WONOGIRI 2015 : 15 DPC PAN Ancam Membelot

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo PAN (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada Wonogiri 2015 dari DPC PAN mengancam membelot lantaran merasa tak pernah dilibatkan dalam proses penjaringan cabup di parpol di koalisi KWB.

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 15 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) Wonogiri mengancam membelot karena merasa tak pernah dilibatkan dalam proses penjaringan calon bupati (cabup) di partai politik (parpol) yang tergabung di Koalisi Wonogiri Baru (KWB) itu.

Advertisement

Nama-nama cabup dan calon wakil bupati (cawabup) yang mereka usulkan tak dimasukkan proses penjaringan KWB. Mereka mengatakan akan mendukung calon independen dalam pilkada nanti.

Ketua Bidang Pemuda DPD PAN Wonogiri, Budi Harsanto, mengatakan proses penjaringan cabup dan cawabup, DPD PAN Wonogiri tidak pernah melibatkan DPC (tingkat kecamatan). DPD PAN terkesan menutup mata terhadap keberadaan DPC dalam pilkada tahun ini.

“Kami ini sebagai kader PAN di tingkat bawah yang ikut berjuang membesarkan PAN di Wonogiri,” ujar Budi saat dihubungi Solopos.com, Jumat (5/6/2015).

Advertisement

Dia mengatakan seharusnya dalam penjaringan cabup dan cawabup di pilkada, semua kader di tingkat bawah hingga atas dilibatkan. “Bagaimana pun PAC masuk struktur partai yang memiliki suara untuk mengusulkan nama cabup dan cawabup. Jadi seharusnya dilibatkan,” kata dia.

Ke-15 PAC yang mengancam membelot dan memilih mendukung calon independen di antaranya Selogiri, Wuryantoro, Manyaran, Sidoharjo, Girimarto, Bulukerto, Puhpelem, Kismantoro, Tirtomoyo, Pracimantoro, Paranggupito, dan Karangtengah. Dia meminta DPD PAN menerima usulan nama cabup dan cawabup dari 15 PAC untuk diikutkan proses penjaringan.

“Kami mengusulkan Budisena sebagai cabup, Subandi sebagai cawabup, dan Letjen Sugiarto sebagai cawabup. Kalau tidak menerima usulan itu, lebih baik kami memilih mendukung calon independen,” kata dia.

Advertisement

Budi menyayangkan keikutsertaan PAN dalam KWB bersama PKS dan Gerindra. Menurut dia, KWB tidak pernah memasukkan Budisena dalam penjaringan cabup.

“Kami akan tetap memperjuangkan nama cabup dan cawabup yang diusulkan 15 PAC itu agar disetujui DPD PAN dan diikutkan proses penjaringan di KWB,” kata dia.

Ketua DPD PAN Wonogiri, Sunarmin, belum mengetahui persoalan itu. “Kami akan konfirmasi mereka terlebih dulu. Kalau sudah jelas persoalannya akan kami sampaikan ke media,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif