Lifestyle
Jumat, 5 Juni 2015 - 14:15 WIB

TIPS SEHAT : Mau Mood Bagus? Konsumsi Dua Buah Kiwi dalam Sehari!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (Thinkstock)

Tips sehat kali ini terkait dengan cara memperbaiki suasana hati.

Solopos.com, JAKARTA —  Kiwi, buah berbentuk oval asal Selandia Baru, ternyata bisa memperbaiki suasana hati (mood) bila dikonsumsi setiap hari. Simak tips sehat kali ini bersama Fiastuti Witjaksono.

Advertisement

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono, mengatakan dari riset yang dilakukan University of Otago, Selandia Baru menunjukkan orang yang mengonsumsi dua buah kiwi sehari memiliki mood lebih baik. Menurut Fiastuti, kiwi yang sebaiknya dikonsumsi adalah jenis kiwi gold. Ciri-ciri kiwi ini memiliki daging berwarna kuning keemasan.

“Mengonsumsi dua buah kiwi gold setiap hari dapat mengurangi mood yang buruk dan itu teruji secara ilmiah dari penelitian,” ujar Fiastuti dalam acara Zespri Kampanyekan Makan Pagi Sehat dengan Buah Kiwi di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Lebih lanjut, Fiastuti menjelaskan kiwi juga termasuk jenis buah yang memiliki nutrisi lengkap. Nutrisi yang terkandung mulai dari serat, vitamin C, E, hingga potasium. Sehingga, bisa menjadi pilihan untuk memulai hari. Serat yang terkandung dari dua buah kiwi bahkan setara dengan semangkuk sereal. Oleh karena itu, bisa menjadi menu yang cocok untuk dikonsumsi saat pagi hari.

Advertisement

“Konsumsi dua buah kiwi memiliki jumlah serat setara dengan semangkuk sereal,” kata Fiastuti.

Menurut Fiastuti, buah kiwi mengandung potasium yang hampir sama dengan pisang yang selama ini dianggap sebagai buah berpotasium tinggi. Selain itu, memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih banyak daripada apel, yaitu sebanyak 142 miligram untuk setiap 100 gram kiwi jenis sungold.

Dibandingkan dengan buah lainnya, kiwi menduduki buah peringkat teratas sebagai buah yang lengkap nutrisi. Kiwi hijau dengan di angka 11,4 dan kiwi sungold 18,7. Angka ini melebihi buah pome yang berada di 4,8; pisang 4,9; orange 8,1; stoberi 8,0 dan lemon 7,0.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif