Soloraya
Sabtu, 30 Mei 2015 - 17:15 WIB

ASAL USUL : Gapura Kampung Mebel Perkuat Identitas Sambirembe

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga melewati gapura kampung mebel di Dukuh Kaliwuluh, Desa Sambirembe, Kecamatan Kalijambe, Sragen, beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/JIBI/Solopos)

Asal usul ini mengupas tentang Desa Sambirembe Sragen yang memperkuat identitas sebagai kampung mebel.

Solopos.com, SRAGEN — Desa Sambirembe, Kecamatan Kalijambe, Sragen, saat ini dikenal dengan pusatnya industri mebel di Bumi Sukowati. Hampir 80 % warga di desa tersebut menjadi pengrajin mebel.

Advertisement

Tokoh masyarakat Desa Sambirembe, Mustakim, mengatakan salah satu kampung di desa itu yang telah dikukuhkan menjadi kampung mebel, yaitu Dukuh Kaliwuluh.

Pada awalnya yaitu sekitar 60 tahun yang lalu, orang tua di zaman itu memang sudah menciptakan berbagai mebel. Kemudian, kerajinan tersebut mulai menjadi salah satu penghasilan utama di desa itu.

Kerajinan mebel ternyata memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, sehingga dalam beberapa tahun terakhir, kerajinan ini mulai dikembangkan para anak muda kala itu.

Advertisement

“Saat ini pengrajin mebel tidak hanya ditemui di Dukuh Kaliwuluh saja, namun di beberapa dukuh lain di Desa Sambirembe juga mulai dikembangkan pusat mebel,” katanya kepada

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif