Lifestyle
Kamis, 28 Mei 2015 - 23:50 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Cegah Katarak Sejak Dini

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Operasi katarak di RSU Bethesda, Rabu (15/10/2014). (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

Info hidup sehat kali ini mengenai penyakit mata.

Solopos.com, SOLO – Katarak merupakan penyakit mata yang kerap diderita oleh para manusia lanjut usia (manula). Penyakit ini biasanya disembuhkan dengan jalan operasi. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa katarak bisa dicegah sejak dini dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E?

Advertisement

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata, yang menyebabkan penglihatan seseorang menjadi buram, bahkan sampai tidak bisa melihat. Penyakit ini bisa diderita siapa saja, meski kasus ini paling kerap terjadi pada manula.

Untuk menyembuhkan penyakit ini, seseorang biasanya memilih jalan operasi yang cukup mahal harganya. Padahal, penyakit ini sebenarnya dapat dicegah sejak dini. Pencegahan ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E.

Seperti dilansir laman Dailymail, Sabtu (23/5/2015), sebuah hasil penelitian terbaru memaparkan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin E mampu mengurangi risiko seseorang terkena katarak.

Advertisement

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Qingdao University Medical College, Tiongkok, menerangkan bahwa vitamin E yang bersumber dari makanan mampu menurunkan risiko katarak pada manula hingga 27 persen.

Penelitian itu merupakan kesimpulan dari 27 penelitian sebelumnya yang diterbitkan jurnal Public Health Nutrition, Inggris. Penelitian yang melibatkan 245.351 sukarelawan dari berbagai negara ini menemukan bukti bahwa konsumsi vitamin E sangat berpengaruh pada tingkat risiko seseorang terkena katarak.

Carrie Ruxton, seorang ahli gizi dari Health Supplements Information Service, Inggris, juga membenarkan hasil penelitian tersebut. Menurutnya, katarak bisa dicegah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin E seperti bayam, brokoli dan kacang-kacangan. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif