Lifestyle
Selasa, 26 Mei 2015 - 03:40 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Awas Bahaya Kanker di Balik Kosmetik Kedaluarsa

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi komestik (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Info hidup sehat tentang bahaya kosmetik kedaluarsa.

Solopos.com, SOLO – Memakai kosmetik kedaluwarsa ahaya bagi tubuh. Sayangnya, kebanyakan orang kurang peduli terhadap masa berlaku kosmetik yang mereka pakai. Seperti dilansir laman Boldsky, Kamis (21/5/2015), memakai kosmetik kedaluwarsa memicu timbulnya kanker kulit.

Advertisement

Kosmetik memang akrab dengan rutinitas kaum hawa. Para wanita ini menggunakan kosmetik untuk mempercantik penampilannya. Akan tetapi, mereka terkadang lupa mengingat kapan pertama kali kosmetik tersebut dipakainya. Mereka tanpa sadar akan memakai kosmetik tersebut dalam jangka waktu yang lama tanpa memedulikan masa kedaluwarsanya.

Padahal, memakai kosmetik kedaluarsa amat berbahaya bagi kulit. Penggunaan kosmetik kedaluwarsa ini bisa menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Memakai kosmetik kedaluwarsa juga menyebabkan iritasi pada kulit. Iritasi ini ditandai dengan munculnya ruam atau bintik-bintik merah yang terasa panas dan gatal di kulit. Bahkan, pada kasus yang lebih berat, penggunaan kosmetik kedaluwarsa ini dapat menyebabkan kanker kulit.

Advertisement

Sebenarnya, kosmetik yang sudah kedaluwarsa bisa dikenali minimal dari bau, bentuk dan tanggal yang tertera pada kemasannya. Kosmetik kedaluwarsa biasanya memiliki bau yang menyengat. Bentuk dari kosmetik ini pun akan mengalami perubahan.

Akan tetapi, cara yang paling benar untuk mengetahui masa berlaku sebuah kosmetik adalah dengan melihat tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasannya. Jadi, mulai sekarang cermatilah tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan kosmetik Anda. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif