News
Sabtu, 23 Mei 2015 - 16:00 WIB

PENGUNGSI ROHINGYA : RI Siap Tampung Orang Rohingya, Tapi...

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Derita pengungsi Rohingya di Langsa, Aceh, Jumat (15/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rony Muharrman)

Pengungsi Rohingya akan ditampung Pemerintah RI namun ada syaratnya.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi hasil pertemuan antar menteri luar Negeri di Malaysia dalam rangka mencari solusi penanganan pengungsi etnis Rohingya.

Advertisement

Presiden bersyukur sudah ada kesepakatan dengan Malaysia, Thailand, dan Myanmar. RI, Malaysia, dan Thailand bersedia menerima pengungsi namun Jokowi mengatakan ada beberapa catatan yang harus diperhatikan.

“Catatan-catatan yang kita inginkan, dari UN juga membantu, kemudian resettlement juga dipastikan tidak lebih dari satu tahun. Dan kita akan menyiapkan penampungannya,” kata Jokowi seusai groundbreaking Gedung Indonesia 1 di kawasan Jl. M.H. Thamrin Jakarta, Sabtu (23/5/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga bersyukur Myanmar yang merupakan negara yang ditinggalkan pengungsi Rohingnya bersedia menghambat pengungsi meninggalkan negara.

Advertisement

“Ini saya kira sebuah jalan keluar yang baik, karena semua negara mau menerima. Karena itu sisi kemanusiaan yang kita ambil,” ujar dia.

Mengenai pembiayaan, Jokowi mengatakan akan ditanggung oleh UN dan beberapa negara yang masih dalam proses pembicaraan.

“Belum bisa saya sebut. Kalau itu sudah kira-kira final, baru kita mempersiapkan,” katanya.

Advertisement

Pengungsi etnis Rohingya yang masuk ke Indonesia mencapai lebih dari 1.600 orang berasal dari Bangladesh dan Myanmar. Kemungkinan masih ada ribuan Rohingya yang masih terkatung-katung di lautan Selat Malaka.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif