Lifestyle
Jumat, 22 Mei 2015 - 18:45 WIB

BERAS PLASTIK : Bahaya Makan Beras Sintetis, dari Gagal Ginjal hingga Kanker

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Beras plastik menghebohkan masyarakat beberapa hari belakangan ini. Mengonsumsi beras sintetis ini dapat menyebabkan berbagai penyakit serius mulai dari gagal ginjal hingga kanker.

Solopos.com, SOLO – Mengonsumsi beras plastik atau beras sintetis sangat berbahaya bagi kesehatan. Penyakit berbahaya itu meliputi gagal ginjal hingga berbagai macam kanker.

Advertisement

Dokter spesialis gizi klinis Samuel Oetoro mengatakan, mengkonsumsi beras yang ada kandungan plastiknya dapat menimbulkan dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang pada kesehatan seseorang.

“Dampak akut atau dampak yang segera terasa jika kita makan cuma satu piring adalah mual, pusing sampai diare,” kata dokter yang berpraktik di Siloam Hospitals Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Sementara, dampak kronis atau jangka panjang yang ditimbulkan jika mengonsumsi beras plastik adalah timbulnya kanker.

Advertisement

“Kalau kita mengonsumsi itu setiap hari, plastik kan bahan kimia, artinya tubuh akan sulit mencerna dan metabolisme akan jadi berat. Metabolisme kita kan terjadi di hati, nah kalau kita makan itu setiap hari nanti  hati bisa rusak. Gagal hati, kalau sudah gagal hati maka bahaya sekali,” katanya sebagaimana diberitakan Antara.com.

Selain itu, kandungan plastik dalam beras plastik juga akan sulit diekskresi tubuh, sehingga bisa merusak ginjal yang menyebabkan gagal ginjal.

“Kalau sisa metabolisme itu susah keluar, maka di kemudian hari akan jadi karsionogenik an menimbulkan  berbagai macam kanker,” katanya.

Advertisement

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan memastikan membeli beras yang aman.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif