Lifestyle
Minggu, 17 Mei 2015 - 22:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Terlalu Banyak Makan Buah Berdampak Negatif

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan buah (Bollyberg.com)

Tips kesehatan menyarankan Anda mengonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan vitamin dan antioksidan.

Solopos.com, SOLO – Hampir semua tips kesehatan selalu menyarankan Anda mengonsumsi buah-buahan segar demi menjaga kebugaran. Tapi, perlu Anda ketahui makan buah secara berlebihan justru berdampak buruk bagi kesehatan.

Advertisement

Berikut beberapa efek buruk yang ditimbulkan ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi buah sebagimana dilansir Healthmeup, Kamis (14/5/2015):

Tinggi Kadar Gula
Ada beberapa buah yang mengandung kadar gula cukup tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak gula tentu saja menyebabkan lonjakan kadar insulin. Kelebihan gula itu selanjutnya akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

Buah yang mengandung kadar gula tinggi meliputi leci, apel, pisang, anggur, dan mangga. Sementara buah yang memiliki kadar gula rendah adalah stroberi, blackberry, lemon, dan melon.

Advertisement

Tinggi Karbohidrat
Buah-buahan merupakan sumber karbohidrat yang dapat memberikan energi pada tubuh, tapi kelebihan karbohidrat justru menyebabkan tubuh menimbun banyak lemak. Setelah makan buah-buahan yang mengandung kadar karbohidrat tinggi Anda tak disarankan mengonsumsi makanan seperti nasi, roti, atau kentang dengan karbohidrat tinggi.

Jus Buah Kurang Serat
Perlu Anda ketahui mengonsumsi jus buah berarti Anda mengonsumsi gula buah. Buah sebaiknya dikonsumsi langsung. Meminum jus buah dapat membuang kandungan serat alami yang terkandung di dalamnya.

Tidak Mencakup Semua Nutrisi
Buah tidak memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Buah hanya memiliki asam amino dan lemak esensial rendah, tidak seperti daging, sayur, atau kacang-kacangan. Mengonsumsi buah haruslah disertai dengan makanan lain untuk menyeimbangkan nutrisi.

Advertisement

Buah memang menawarkan vitamin yang baik untuk kesehatan. Tapi, tentunya Anda juga harus mengombinasikan buah dengan berbagai makanan lain yang memiliki nutrisi penting lainnya dan tentunya dengan porsi secukupnya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif