Lifestyle
Selasa, 12 Mei 2015 - 11:15 WIB

TIPS KESEHATAN : Atasi Bau Kaki dengan Bahan Alami

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (kesehatan.com)

Tips kesehatan untuk mengatasi bau kaki yang tak sedap bisa dengan cara alami.

Solopos.com, JAKARTA-Indikator kecantikan tak hanya seputar wajah rupawan, kulit dan rambut indah, tubuh sehat, dan kebaikan hati. Poin yang jangan dilupakan adalah harum tubuh. Hati-hati jangan sampai semua tersebut ternodai dengan bau tak sedap, seperti bau kaki.

Advertisement

Bau kaki muncul karena percampuran keringat dan bakteri akibat tidak menjaga kebersihan kaki. Bisa juga disebabkan oleh penggunaan kaus kaki berbahan nilon yang digunakan selama berhari-hari.

Hindari kebiasaan buruk tersebut sambil mencoba bahan alami yang dikutip dari laman Boldsky, Minggu (10/5/2015) dan dilansir Liputan6.com, berikut agar bau kaki dapat hilang:

1. Baking soda

Advertisement

Baking soda berguna untuk membunuh bakteri dan menghambat produksi keringat. Hal yang dibutuhkan adalah mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan setengah air. Rendam kaki selama 20 menit dan lakukan hal tersebut setidaknya selama dua minggu sesaat sebelum tidur.

2. Teh hitam

Teh hitam dapat membunuh bakteri dan menutup pori-pori di kaki sehingga mencegah kemunculan keringat berlebih. Seduh teh hitam yang kental, kemudian encerkan dalam air seember dan tambahkan satu sendok makan garam. Rendam kaki ke dalam cairan tersebut selama setengah jam.

Advertisement

3. Cuka Putih

Asam alami tersebut berguna untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan bau kaki yang muncul. Tuangkan satu cangkir cuka ke dalam setengah air hangat dan rendam kaki selama 15 menit setiap hari sebelum tidur setidaknya selama dua minggu.

4. Jahe

Didihkan jahe dalam air selama setengah jam dan tunggu hingga ekstrak jahe keluar. Campurkan ekstrak dengan air setengah ember dan rendam kaki selama setengah jam.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif