Soloraya
Kamis, 7 Mei 2015 - 13:55 WIB

PILKADA WONOGIRI : Kesbangpol Terima Pengajuan Dana Pilkada Rp24 miliar

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Pilkada Wonogiri yang akan digelar pada 2015 ini. KPU Wonogiri telah mengajukan permintaan dana ke Kesbangpol.

Solopos.com, WONOGIRI-Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebangpol) Wonogiri menerima pengajuan dana pemilihan kepala daerah (Pilkada) Wonogiri Rp24 miliar. Sementara itu pagu dana pilkada di APBD 2015 senilai Rp26 miliar.

Advertisement

Kepala Kesbangpol Wonogiri, Sulardi, mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mengajukan dana pilkada senilai Rp24 miliar. Dana itu digunakan untuk memenuhui semua kebutuhan pilkada mulai dari pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), kampanye hingga pencoblosan.

“Dana pilkada senilai Rp24 miliar yang diajukan KPU dalam proses pencairan,” ujar Sulardi saat dihubungi Espos, Rabu (6/5/2015).

Dia mengatakan butuh beberapa tahapan administratif sebelum dana pilkada itu cair. Setelah dana pilkada diajukan ke Kesbangpol langsung disampaikan ke Bupati untuk dimintai Surat Keputusan (SK). Setelah SK terbit dibuatkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Advertisement

“Saat ini kami baru menunggu SK Bupati untuk pencairan dana hibah pilkada senilai Rp24 miliar. Kami juga mengandeng Bagian Hukum Setda untuk membuat surat kajian pencairan dana hibah KPU,” kata dia.

Dia menjelaskan setelah SK dan NPHD keluar selanjutnya pengajuan dana dikirim ke Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset daerah (DPPKAD). Setelah itu dana pilkada cair.

“Mekanisme pencairan dana hibah seperti itu. Kesbangpol tidak ada maksud memperlambat pencairan dana hibah KPU untuk pilkada 2015,” kata dia.

Advertisement

Ditemui terpisah, Kepala DPPAKD Wonogiri, Haryono, mengatakan sampai saat ini belum menerima pengajuan dana hibah KPU dari Kesbangpol sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menangani dana pilkada.
“Kalau anggaran pilkada sudah sampai DPPKAD dengan berkas lengkap, hanya butuh waktu dua sampai tiga hari dana hibah KPU cair,” kata dia.

Dimintai konfirmasi, Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, mengaku pengajuan dana pilkada 2015 yang diajukan ke Kesbangpol senilai Rp24 miliar. Pengajuan dana itu di bawah pagu anggaran pilkada yang disetujui Pemkab Wonogiri di APBD 2015 senilai Rp26 miliar.

“Kami mengajukan dana pilkada ke Kesbangpol pada Senin (4/5/2015). Kami yakin dana itu mencukupi semua kebutuhan pilkada,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif