Lifestyle
Rabu, 6 Mei 2015 - 23:45 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Insomnia? Simak Trik Pernapasan Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Tips hidup sehat mengajarkan Anda bagaimana mengatasi sulit tidur (insomnia).

Solopos.com, SOLO – Andrew Weill, dokter dari Arizona, AS, mengklaim memiliki jurus jitu untuk membantu penderita insomnia tertidur hanya dalam waktu 60 detik. Cara tersebut disebut dengan teknik pernapasan 4-7-8.

Advertisement

Dia menjelaskan metode tersebut digambarkan sebagai tranquiliser alami untuk sistem saraf yang membantu mengurangi ketegangan dalam tubuh. Untuk dapat melakukan teknik pernapasan tersebut, anda harus terlebih dahulu menghembuskan nafas melalui mulut sambil membuat suara whoosh.

Kemudian tutuplah mulut dan mulailah menarik nafas dari hidung secara pelan hingga hitungan keempat. Tahanlah nafas tersebut selama tujuh hitungan. Lalu, buanglah nafas tersebut dari mulut seperti langkah pertama, namun suara whoosh dikeluarkan selama delapan detik dalam satu napas besar. Ambil napas kembali, dan ulangi tahapan-tahapan tersebut tiga kali dengan total empat kali napas.

“Pastikan anda mengambil napas dengan tenang melalui hidung dan membuangnya dengan suara melalui mulut,” ujar Weill seperti yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (6/5/2015).

Advertisement

Dia menjelaskan teknik ini didasarkan pada pranayama yang berarti regulasi pernapasan pada praktik India kuno. Cara bernapas tersebut memungkinkan paru-paru dipenuhi oksigen yang lebih banyak.

Oksigen ekstra tersebut memberikan efek relaksasi pada sistem saraf parasimpatis, yang mengatur rasa tenang. Pasalnya, selama stres, sistem saraf menjadi lebih terangsang seingga menyebabkan kurang tidur.

“Teknik pernapasan 4-7-8 membantu anda untuk mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran yang dapat mengganggu tidur,” jelas Weill.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif