Soloraya
Minggu, 3 Mei 2015 - 18:55 WIB

PABRIK SEMEN WONOGIRI : Lokasi Pabrik Semen Dipindah ke Eromoko

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Rencana pendirian pabrik semen di Kabupaten Wonogiri tetap berlanjut. Meski demikian ada perubahan lokasi pembangunan pabrik. 

Solopos.com, WONOGIRI-Rencana pendirian pabrik semen di Wonogiri tetap berlanjut. Pihak ketiga atau Ultratech sudah mengajukan permohonan dan otoritas di Pemkab Wonogiri sudah menindaklanjuti dengan rapat antardintas terkait. Pihak ketiga diminta menyesuaikan regulasi sehingga bisa didirikan di Wonogiri.

Advertisement

Pendirian pabrik semen diwacanakan dipindahkan dari Kecamatan Giriwoyo ke Kecamatan Eromoko. Penegasan itu disampaikan Kepala Bappeda Wonogiri, Sri Jarwadi ditemui solopos.com, di Alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri usai mengikuti Upacara Hardiknas, Sabtu (2/5/2015). “Pemkab sudah menggelar rapat rencana pendirian pabrik semen di Wonogiri. Standar pengurusan perizinan harus ditaati oleh pihak ketiga atau PT Semen Ultratech,”ujar dia.

Sri Jarwadi menjelaskan tahapan-tahapan pendirian sebuah pabrik harus ditaati, seperti kesesuaian lahan dan tata ruang, pembuatan FS atau feasibility study, analisa dampak lingkungan (amdal).

“Setelah semua tahapan itu dilakukan baru pelaksanaan pendirian sebuah pabrik. Saat ini, pendirian pabrik (semen) masih menyesuaikan antara lokasi dan tata ruang. Informasinya, keberadaan pabrik akan dipindahkan. Lokasi Giriwoyo menjadi lokasi pengambilan bahan baku dan pabrik semen direncanakan didirikan di Eromoko,” jelas dia.

Advertisement

Camat Giriwoyo, Sariman saat dihubungi solopos.com, mengatakan, kepastian pendirian pabrik di wilayahnya masih menunggu RDTRK (rencana detail tata ruang kecamatan).

Sebelumnya, pertengahan September 2014, Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto pernah diundang ke Kanada untuk menyampaikan pemaparan terkait Geopark Pegunungan Seribu yang dimintakan pengakuan ke dunia Internasional.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif