Jateng
Sabtu, 25 April 2015 - 05:50 WIB

SIDAK DPRD : Banyak Keluhan, Dewan Cek Pembuatan E-KTP

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

ilustrasi (JIBI/dok)

Sidak DPRD Kudus berbuah hasil. Pelayanan pencetakan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ternyata masih  banyak dikeluhkan masyarakat

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, KUDUS—DPRD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jumat (24/4/2015), melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pelayanan cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat menyusul banyaknya keluhan masyarakat.

Menurut Ketua Komisi A DPRD Kudus Mardijanto di Kudus, keluhan yang disampaikan masyarakat karena berulang kali datang ke Kantor Capilduk belum juga bisa mencetak e-KTP.

Advertisement

Selain itu, kata dia, daftar antreannya juga perlu diperbaiki agar tidak menyulitkan masyarakat yang berupaya bisa mendapatkan fisik e-KTP harus pula berdesak-desakan menunggu panggilan.

Penataan antrean, kata dia, bisa meniru lembaga perbankan di Kudus dengan menyiapkan petugas layanan sehingga masyarakat yang baru pertama kali datang ke kantor Capilduk tidak kesulitan mendapatkan nomor antrean.

Hal itu, lanjut dia, juga untuk menghindarkan antrean yang berdesak-desakan karena banyaknya animo masyarakat mengajukan permohonan cetak e-KTP.

Advertisement

Terkait dengan ketersediaan blangko e-KTP, kata dia, masyarakat memang perlu mengetahui bahwa hal itu merupakan kewenangannya Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus Hendro Martoyo mengungkapkan, pembatasan pelayanan cetak e-KTP awalnya memang sesuai instruksi dari pusat, setelah sebelumnya dilayani seluruhnya blangko dalam waktu cepat sudah habis.

“Ternyata, ketika diterapkan model pembatasan justru masyarakat yang antre mbludak dan ada yang datang pukul 06.00 WIB, sedangkan pelayanan baru dibuka pukul 07.00 WIB,” ujarnya.

Akhirnya, lanjut dia, pelayanan dibuka mulai pukul 06.00 WIB karena saat itu sudah banyak yang antre.

Advertisement
Kata Kunci : DPRD Kudus LAYANAN E-KTP
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif