Lifestyle
Minggu, 19 April 2015 - 01:00 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Tak Semua Minyak Ikan Baik untuk Ibu Hamil

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Tips hidup sehat kali ini mengenai kesehatan ibu hamil. Ternyata tak semua jenis minyak ikan baik bagi ibu hamil.

Solopos.com, JAKARTA– Minyak ikan diyakini mempunyai zat-zat berkhasiat baik bagi tubuh. Bagi ibu hamil minyak ikan juga membantu memenuhi suplemen kesehatan ibu hamil.

Advertisement

Namun tak semua suplemen minyak ikan baik bagi wanita hamil. Ada juga jenis suplemen yang justru berbahaya bagi kesehatan.

Untuk Anda yang sedang hamil sebaiknya hati-hati dalam mengonsumsi suplemen minyak ikan, karena ada jenis suplemen minyak ikan yang berbahaya bagi bayi jika Anda mengonsumsinya.

Seperti dikutip dari buku Pregnancy Questions And Answers, 2009, Daphne Metland dkk (tim BabyCentre.co.uk) ada dua jenis suplemen minyak ikan yaitu dibuat dari tubuh ikan dan dari hati ikan.

Advertisement

Suplemen minyak ikan yang terbuat dari tubuh ikan mengandung asam lemak omega 3, di mana asam lemak esensial ini baik bagi perkembangan mata dan otak bayi. Suplemen jenis ini dinilai aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Sedangkan untuk jenis suplemen minyak ikan yang terbuat dari hati ikan seperti minyak ikan kod mengandung vitamin A dalam bentuk retinol sangat berbahaya bagi bayi tertutama bagi perkembangan otak si kecil.

Sebaiknya konsumsi suplemen minyak ikan yang terbuat dari hati ikan ini dihindari selama hamil, dan lebih memilih jenis suplemen yang aman bagi kesehatan maupun pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif