Lifestyle
Selasa, 31 Maret 2015 - 01:40 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Awas! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Obesitas

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Healthmeup.com)

Tips hidup sehat kali ini mengupas soal manfaat tidur. Kurang tidur ternyata bisa menyebabkan obesitas.

Solopos.com, JAKARTA — French National Institute of Sleep and Vigilance belum lama ini merilis penelitian terbaru mengenai tidur. Studi dari Prancis menyebutkan bahwa kurang tidur juga memiliki hubungan dengan obesitas atau kegemukan.

Advertisement

Tidur yang ideal membutuhkan waktu sekitar tujuh-delapan jam sehari. Studi yang dilakukan oleh French National Institute of Sleep and Vigilance (INVS) menunjukkan terdapat peningkatan risiko kelebihan berat badan atau obesitas pada mereka yang kerap tidak bisa memenuhi kebutuhan tidurnya.

Penelitian ini disimpulkan berdasarkan pengkajian pada data 49.086 responden. Disebutkan bahwa rata-rata orang Perancis tidur 6 jam 48 menit per malam. Selain itu, 1 dari 3 orang Prancis juga dilaporkan tidur kurang dari 6 jam.

“Tidur kurang dari 6 jam dalam waktu 24 jam berarti mendekatkan diri pada risiko obesitas, penyakit jantung, kecelakaan dan depresi,” ujar salah satu peneliti, Damien Léger, seperti dikutip dari News Max Health, Senin (30/3/2015) sebagaimana dikutip dari Detik.

Advertisement

Pada catatan terkait, para peneliti mengamati hubungan yang signifikan antara diet dan kesehatan tidur. Sebagai contoh, pengidap insomnia laki-laki yang disurvei lebih sedikit mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, jika dibandingkan dengan mereka yang jam tidurnya sehat.

Kebiasaan tidur yang buruk juga menyebabkan  kebiasaan makan menjadi buruk, sebagian disebabkan oleh gangguan hormonal akibat kurang tidur.

Hasilnya adalah peningkatan frekuensi untuk ngemil di luar waktu makan. Hal ini mungkin salah satu alasan bahwa kurang tidur juga dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif