Sport
Selasa, 31 Maret 2015 - 05:25 WIB

LAGA PERSAHABATAN BELANDA VS SPANYOL : Pertandingan untuk Penghakiman Hiddink

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih baru timnas belanda Guus Hiddink kini dalam situasi terjepit. Ist/theguardian.co.uk

Laga persahabatan Belanda vs Spanyol akan menjadi ajang untuk penghakiman Guus Hiddink.

Solopos.com, AMSTERDAM— Pelatih Timnas Belanda, Guus Hiddink, berada dalam situasi terpojok di kursi pelatih tim berjuluk De Oranje. Padahal, dia harus mendampingi timnya melawan jawara bertahan Euro, Spanyol, pada laga persahabatan di Amsterdam Arena, Amsterdam, Rabu (1/4/2015) dini hari WIB.

Advertisement

Situasi itu terjadi setelah Hiddink hanya mampu membawa Belanda menang dua kali, sekali imbang, dan empat kali menelan kekalahan dalam periode keduanya mengarsiteki De Oranje. Satu-satunya hasil imbang terjadi ketika Belanda ditahan Turki 1-1 di Amsterdam Arena pada Kualifikasi Euro 2016.

Meski masih menyisakan lima pertandingan di kualifikasi, kans Belanda untuk lolos ke Euro tahun depan pun menjadi sulit. Suksesor Louis van Gaal setelah Piala Dunia 2014 itu pun disebut-sebut terancam dipecat dari kursi panas De Oranje.

Kondisi Hiddink bahkan berimbas pada isu perpecahan di ruang ganti. Tapi, sejumlah pemain De Oranje buru-buru membantah rumor tak sedap tersebut. “Omong kosong mengatakan dia tidak berhasil [memenangi ruang ganti]. Kami berada di belakang pelatih,” jelas gelandang Belanda, Georginio Wijnaldum, kepada Fox Sports, seperti dilansir Soccerway, Senin (30/3/2015).

Advertisement

Semangat pilar-pilar De Oranje bisa jadi akan tersengat kembali apabila menilik performa mereka kontra Spanyol di Piala Dunia 2014 silam. Wesley Sneijder dkk. sukses membuat Spanyol babak belur dengan skor 5-1 di fase grup.

Sebaliknya, Spayol akan menggunakan rasa sakit hati mereka atas kekalahan memalukan dari Belanda di Piala Dunia 2014 tersebut. Sayangnya, pasukan Vicente del Bosque juga belum kembali menemukan performa terbaik mereka setelah terpuruk di Piala Dunia 2014.

La Furia Roja, julukan Timnas Spanyol, hanya menang tipis 1-0 ketika melawan Ukraina pada pertandingan Grup C Kualisikasi Euro 2016, akhir pekan lalu. Satu-satunya gol Spanyol dikemas penyerang muda Juventus, Alvaro Morata.

Advertisement

“Kami mungkin tidak mencetak banyak gol akhir-akhir ini, namun kami mempunyai banyak peluang dan kami mungkin bisa menciptakan itu dalam laga berikutnya. Penting menunjukkan solidaritas tim. Kami senang dengan tiga poin atas Ukraina dan itu sangat penting. Namun kami harus kerja dan lebih konsisten lagi,” jelas gelandang Spanyol, Isco. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif