Lifestyle
Jumat, 27 Maret 2015 - 05:50 WIB

TIPS KESEHATAN : Minum Kopi Sebelum Beraktivitas Bisa Bikin Langsing

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi secangkir kopi (Istimewa/wallsave.com)

Tips kesehatan kali ini terkait dengan penurunan berat badan. Ternyata salah satunya pada kopi.

Solopos.com, SOLO — Berat badan adalah hal yang perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan Anda. Apabila saat ini Anda sedang berusaha menurunkan berat badan untuk kesehatan Anda, tips meminum kopi sebelum memulai kegiatan Anda bisa jadi salah satu alternatif mudah.

Advertisement

Tips meminum kopi sebelum berkegiatan ini bisa menjadi cara sederhana bagi Anda untuk menurunkan berat badan karena kafein yang terkandung dalam kopi bisa merangsang saraf dalam tubuh. Lalu, meningkatkan kortisol sekresi yang mengubah lemak menjadi energi.

Dikutip Solopos.com dari Chosunilbo, Kamis (26/3/2015), Park Hyon dari College of Physical Education at Kyunghee University, Seoul, Korea Selatan mengatakan, ”Membutuhkan waktu sekitar 40 sampai 60 menit untuk tubuh menyerap kafein. Efek penyerapan kafein dalam tubuh tidak akan langsung tampak.”

Park Hyon menjelaskan jumlah kafein yang diserap tubuh tidak memengaruhi seberapa banyak lemak diubah menjadi energi. Menurut pengajar di Akademi Olahraga KBS, sekitar tiga miligram kafein bisa menurunkan berat badan hingga satu kilogram.

Advertisement

Menurut survei Kementerian Pengamanan Obat dan Makanan setenpat, 2012, satu cangkir kopi ukuran gelas biasa mengandung rata-rata 124 miligram kafein. Meskipun begitu, pengonsumsian kopi terlalu banyak juga tidak disarankan untuk Anda.

Sunwoo Sung dari Asan Medical Center di University of Ulsan mengatakan, “Beberapa efek samping dari asupan kafein berlebihan, dapat menyebabkan serangan jantung, insomnia, dan mulas.”

Sehubungan dengan efek samping kafein tersebut, sebaiknya Anda mengonsumsi kopi dengan kadar kafein rendah untuk menurunkan berat badan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif