Lifestyle
Rabu, 11 Februari 2015 - 18:45 WIB

TIPS KESEHATAN : Inilah Gejala Sakit Jantung yang Sering Terabaikan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangan jantung mendadak (JIBI/Solopos/Dok.)

Tips kesehatan dapat membantu Anda merasakan dan mengenali penyakit yang ada dalam tubuh.

Solopos.com, SOLO —Penting bagi Anda mengetahui tentang gejala serangan jantung, karena penyakit ini merupakan salah satu pembunuh paling berbahaya di dunia. Alasan utama mengapa penyakit ini dianggap berbahaya karena gejala awal tidak diketahui dan ketika serangan menyerang, terlalu terlambat untuk mendapatkan bantuan medis.

Advertisement

Apabila usia Anda di atas 50  tahun dan memiliki kebiasaan seperti merokok dan kondisi seperti diabetes, kolesterol, dan kecenderungan genetik untuk penyakit jantung, sangat penting untuk menyadari beberapa gejala. Berikut beberapa gejala yang umumnya tidak disadari orang merupakan gejala awal serangan jantung sebagaimana dilansir Boldsky, Rabu (11/2/2015):

Sakit dada
Ini adalah salah satu gejala utama serangan jantung. Meski sakit dada bisa disebabkan faktor lain. Umumnya, nyeri dada yang berhubungan dengan serangan jantung terjadi ke arah sisi kiri jantung. Ini bisa menjadi sensasi terbakar.

Pusing
Orang yang menderita serangan jantung sering merasa pusing, meski irama jantung cenderung normal.

Advertisement

Gelisah
Salah satu tanda-tanda pertama serangan jantung adalah kecemasan. Beberapa orang menderita kecemasan yang sangat intens dan perasaan yang juga dapat menyebabkan rasa takut mati.

Batuk
Jika batuk Anda terus-menerus dan bukan karena alasan lain seperti dingin atau merokok lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan diri Anda didiagnosa karena juga bisa menjadi tanda serangan jantung. Dalam kasus yang jarang terjadi, korban serangan jantung juga dapat memuntahkan darah saat batuk.

Nafsu Makan Berkurang
Sebelum serangan yang sebenarnya, orang mungkin kehilangan nafsu makan dan bahkan mungkin tidak merasa seperti makan apa-apa. Ini adalah salah satu tanda-tanda serangan jantung pada wanita.

Advertisement

Mudah Lelah
Hal ini terutama terlihat pada wanita yang menderita masalah. Orang itu mungkin mengalami kelelahan setidaknya beberapa minggu sebelum terjadinya serangan jantung. Perasaan lelah mungkin karena alasan yang tidak jelas. (Tapi tentu saja hal ini tidak berarti Anda jika Anda sangat lelah berarti  akan terkena serangan jantung setelah beberapa hari.)

Mual
Mual tidak dapat dikesampingkan pada orang yang jantungnya lemah. Muntah juga dapat terjadi. Ini adalah salah satu gejala serangan jantung pada wanita.

Irama Jantung Abnormal
Kadang-kadang, hati Anda mungkin berdetak dan tidak ada perlu khawatir tentang hal itu, tetapi jika irama jantung abnormal yang digabungkan dengan gejala lain seperti pusing, sesak napas dan kelemahan maka kita harus mencurigai kondisi.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif