Soloraya
Jumat, 16 Januari 2015 - 13:15 WIB

PRESTASI MAHASISWA : Kurang Biaya, Mahasiswi UGM Asal Wonogiri Terancam Batal ke Prancis

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahasiswi UGM asal Wuryantoro, Wonogiri, Nurlisa Uke Dessy (tengah) diapit ayahnya, Sutarno (kanan) dan anggota DPRD Wonogiri, Sunyoto, Jumat (16/1/2016). Nurlisa mendapat undangan ke Prancis namun kekurangan dana. (Trianto Hery S./JIBI/Solopos)

Prestasi mahasiswa ditorehkan Nurlisa Uke Dessy yang diundang ke Prancis untuk mempresentasikan hasil penelitiannya.

Solopos.com, WONOGIRI – Mahasiswi asal Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Nurlisa Uke Dessy, terancam batal berangkat ke Prancis karena kekurangan biaya.

Advertisement

Mahasiswi Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta itu mencari sponsor agar keberangkatannya ke Prancis untuk membeberkan hasil penelitian bersama kakak tingkatnya bisa terlaksana.

Ditemui solopos.com, Jumat (16/1/2015), Nurlisa bercerita biaya yang dibutuhkan selama di Prancis Rp70an juta.

“Dari pihak kampus dan uang pribadi sudah ada namun belum mencukupi untuk hidup selama di Prancis. Kami berharap ada sponsor yang mau membiayai keberangkatan kami berdua memenuhi undangan dari World Academy of Science Engineering and Technology, Paris, Prancis,” kata dia.

Advertisement

Nursila mengatakan presentasi hasil penelitian dilakukan pada 23-24 Februari mendatang. Dia menjelaskan hasil penelitian yang akan dipresentasikan di ajang dunia itu berjudul Temuan Perlakuan Pakan ditambah dengan Tepung Bunga Rosela dapat Meningkatkan Performance Ayam Broiler.

“Pemanfaatan atau penambahan tepung bunga rosela mampu menambah percepatan berat ayam broiler. Contohnya, ayam broiler berumur sebulan yang diberi pakan biasa memiliki berat satu kilogram tetapi setelah diberi pakan dengan campuran tepung rosela akan bertambah setengah kilogram menjadi 1,5 kilogram,” urai Nursila.

Dia menambahkan hasil penelitiannya sudah diuji di laboratorium UGM. Menurut Nursila, penelitian itu dilakukan bersama kakak tingkatnya, Dwi Septian Erwinsyah.

Advertisement

Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, akan mencarikan tambahan biaya agar mahasiswi tersebut bisa berangkat ke Prancis. “Jika kemampuan dana Pemkab Wonogiri tak ada ya dicarikan ke CSR-CSR perusahaan di Wonogiri,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif