Lifestyle
Jumat, 2 Januari 2015 - 04:00 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Ini Bahaya Tidur Seharian Setelah Begadang

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tidur seharian ternyata berbahaya (eramuslim.com)

Tips hidup sehat kali ini membahas bahaya tidur seharian setelah begadang. Apabila Anda sering begadang dan setelah itu tidur seharian, membuat kepala Anda terasa pusing, apakah Anda merasakan hal itu?

Solopos.com, SOLO — Tips hidup sehat akan fokus pada bahaya yang timbul, akibat dari tidur seharian setelah begadang. Begadang, sepertinya sudah menjadi rutinitas setiap orang dalam menjalani aktivitas.

Advertisement

Apalagi pada momen perayaan tahun baru, banyak orang yang merayakannya dengan begadang sampai pagi.

Biasanya, setelah merayakan tahun baru, orang-orang akan langsung tidur seharian penuh untuk memulikan kondisi dan mengobati rasa kantuk.

Namun, tidur seharian setelah begadang, ternyata berbahaya bagi kondisi tubuh. Pada tips hidup sehat kali ini, akan diuraikan mengenai bahaya tidur seharian setelah begadang.

Advertisement

Dikutip dari Detikhealth, Rabu (31/12/2014), tips hidup sehat harus diperhatikan dengan benar. Menurut dr. Andreas Prasadja, RPSGT, pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, Jakarta, tidur seharian setelah begadang tidak  memberikan efek buruk. Namun, apabila terlalu banyak tidur, kepala pasti akan merasakan pusing.

“Kepala terasa pusing itu sebenarnya bukan karena terlalu banyak tidur. Hal itu dipengaruhi karena pada hari sebelumnya kualitas dan kuantitas tidur kita sangat kurang, maka tubuh akan menjadi lelah dan pusing ketika bangun,” ujar dr.Andreas.

Hal sama juga dikatakan dr. Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, tidur berlebihan dapat membuat seseorang merasa letih dan pusing. Hal ini disebabkan adanya perubahan jam tidur yang berpengaruh pada otak.

Advertisement

Untuk mengatasinya, di dalam tips hidup sehat kali ini, kebutuhan tidur seseorang harus terpenuhi, yaitu selama enam sampai delapan jam.

Hal itu karena tubuh sudah mempunyai setelan otomatis yang mengatur tidur, makan, minum hingga buang air harus terpenuhi dalam delapan  jam.

Sebagaimana dikutip dari Klikdokter, Rabu (31/12/2014), begadang seharian sangat berbahaya, karena selain pusing, sering begadang juga berpotensi terkena serangan jantung, obesitas, dan kecantikan berkurang.

Itulah pembahasan tips hidup sehat tentang bahaya tidur seharian setelah begadang. Mulai sekarang Anda harus membiasakan hidup sehat untuk kehidupan yang lebih baik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif