Lifestyle
Selasa, 30 Desember 2014 - 09:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini Penyebab Sakit Kepala Setelah Kehujanan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sakit kepala (femaline.co)

Tips kesehatan kali ini fokus membahas tentang penyebab sakit kepala saat hujan? Anda pernah merasakannya?

Solopos.com, SOLO—Musim hujan tiba, saat kita dalam perjalanan untuk melakukan aktivitas dan turun hujan, tiba-tiba kita merasakan sakit kepala. Benarkah apabila kepala kita terkena air hujan maka kita akan merasakan sakit kepala atau pusing?

Advertisement

Belum ada penelitian yang menjabarkan hubungan sakit kepala dan pusing yang ditimbulkan akibat guyuran air hujan. Namun, apabila kita melakukan penelusuran reaksi dan mekanisme tubuh, maka bisa ditarik kesimpulan yang masuk akal tentang hubungan sakit kepala dengan kehujanan.

Dikutip dari situs Klikdokter.com, Sabtu (27/12/2014), berikut ini penyebab timbulnya sakit kepala setelah kehujanan.

Advertisement

Dikutip dari situs Klikdokter.com, Sabtu (27/12/2014), berikut ini penyebab timbulnya sakit kepala setelah kehujanan.

Perubahan Suhu Tubuh yang Mendadak

Pada umumnya, penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh terpaan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

Advertisement

Hal ini yang membuat orang menjadi sakit atau memicu sakit kepala. Penyebab lainnya adalah tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung turut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu terjadinya sakit kepala atau penyakit infeksi lainnya.

Infeksi

Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat Anda menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Advertisement

Kandungan di Air Hujan

Selain itu air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis membuat konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga orang bisa tetap sakit meski hanya kena gerimis.

Pencegahan Pusing

Advertisement

Apabila Anda menggunakan kendaraan bermotor saat hujan turun, sebaiknya Anda menggunakan pakaian pelindung yang tebal seperti sweater atau jaket yang dilapisi dengan jas hujan. Jangan lupa Anda harus selalu mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan stamina tubuh, apabila sering kehujanan.

Beberapa penyakit yang bisa muncul setelah kehujanan seperti sakit kepala atau pusing, flu yang diakibatkanb karena  virus atau udara dingin, terkena penyakit infeksi menular, dan tubuh yang basah serta pakaian lembab bisa menyebabkan gatal dan jamur di kulit.

Sebaiknya, apabila Anda kehujanan, segera bilas rambut Anda yang terkena air hujan sebagai cara menghilangkan berbagai senyawa dan gas asam yang terbawa dalam air hujan, dan segera ganti pakaian Anda yang basah agar suhu tubuh tidak semakin dingin. Apabila suhu tubuh semakin dingin, bisa membuat kekebalan tubuh semakin menurun dan terjadi masalah pada kulit.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif