Lifestyle
Jumat, 5 Desember 2014 - 09:45 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Jelang Tidur, Hindari Kesalahan Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Tidur malam sangat penting untuk menjaga kesehatan pikiran dan fungsi tubuh agar berjalan lebih baik untuk mempersiapkan kegiatan keesokan harinya. Tapi, beberapa orang justu melakukan kesalahan yang berdampak  tidak maksimalnya tidur malam.

Dilansir Healthmeup, Rabu (3/12/2014), berikut beberapa kesalahan yang kerap Anda lakukan menjelang tidur malam:

Advertisement

– Makan Makanan Berat
Makan makanan berat di malam hari, terutama makanan yang banyak mengandung protein, kemungkinan Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Protein lebih sulit untuk dicerna, sehingga membutuhkan waktu lebih lama dari makanan lain.

Hindari terlalu banyak protein saat makan malam, atau mengambil jeda waktu beberapa jam sebelum Anda tidur. Hal yang sama berlaku untuk makanan yang berat seperti karbohidrat atau makanan yang tinggi gula.

– Berbaring di Tempat Tidur Saat Tak Bisa Tidur
Berbaring di tempat tidur saat tak bisa tidur akan memunculkan pikiran-pikiran buruk. Lakukanlah kegiatan yang santai seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Kegiatan ini akan menenangkan Anda, sehingga membuat Anda lebih mudah tidur.

Advertisement

– Menonton TV Sebelum Tidur
Tubuh Anda disetel untuk merasa mengantuk saat hari gelap, tetapi ketika Anda menonton TV di malam hari, cahaya terang elektronik membingungkan sistem anda.

Hal yang sama berlaku untuk layar elektronik lainnya, termasuk laptop, tablet, atau ponsel. Usahakan untuk tidak menggunakan perangkat tersebut setidaknya satu jam sebelum Anda tidur.

– Menunda Alarm
Anda mungkin berpikir mendapatkan lima menit ekstra tidur berguna, tetapi dalam kenyataannya, memaksa tubuh Anda untuk menjaga tidur dan bangun dengan kontraproduktif.

Advertisement

Siklus tidur alami Anda akan terganggu oleh “ledakan” singkat ini. Tidur dalam waktu singkat tidak akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

– Tidur Bersama Hewan Peliharaan
Anda dan hewan peliharaan mungkin tidak bisa tidur tanpa satu sama lain. Tetapi jika hewan peliharaan Anda mengganggu tidur Anda di malam hari maka mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan hal itu lagi.

Hewan cenderung menggeliat, menendang, atau merengek saat tidur . Hewan akan mengganggu jam tidur Anda di malam hari.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif