Lifestyle
Rabu, 3 Desember 2014 - 07:45 WIB

TIPS KESEHATAN : Inilah Mitos dan Fakta Seputar Tidur Siang

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bangun tidur (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO – Sebagian orang percaya jika tidur siang dapat membuat kondisi tubuh jadi lebih segar. Namun, ada juga yang ragu-ragu untuk melakukannya, bahkan untuk tidur siang saat dalam perjalanan.

Mitos tentang tidur siang memang banyak. Setidaknya ada lima mitos tentang tidur siang yang dilansir Huffingtonpost, Selasa (2/12/2014):

Advertisement

– Tidur Siang Hanya untuk Pemalas?
Faktanya, sekitar sepertiga orang dewasa Amerika Serikat justru melakukan tidur siang. Situs LiveScience mencatat, tidur siang baik dilakukan dengan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menambah daya kerja untuk kreativitas dan produktivitas.

– Memunculkan Perasaan Buruk?
Faktanya memang benar, setelah bangun tidur siang kita akan cenderung memunculkan sikap grogi.  Namun, tidur siang tidak selalu berdampak demikian. Perasaan yang muncul setelah tidur dipengaruhi oleh berapa lama tidur siang dilakukan.

Para ahli umumnya sepakat tidur siang sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 30 menit. Pakar kesehatan tidur Michael J. Breus, Ph.D. mengatakan, orang yang merasakan hal buruk setelah tidur siang, berarti dia telah tidur terlalu lama.

Advertisement

– Tidak Boleh Tidur di Tempat Kerja?
Faktanya, banyak orang yang tidak ingin merasa terganggu di kantor karena rekan yang mengantuk.  Untuk itu sejumlah perusahaan justru menciptakan area khusus untuk melakukan tidur siang.

Hal tersebut dikarenakan semakin banyak pengusaha yang berpikiran cukup istirahat dapat membuat lebih produktif. Jika kantor Anda tidak menyediakan ruangan tersebut, Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk tidur sejenak pada jam makan siang.

– Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Membuat Badan Segar?
Faktanya memang demikian. Percaya atau tidak, kini ada sajian minuman kafein yang diminum sebelum tidur siang, yang dinamakan napalatte atau nappuccino.

Advertisement

Untuk melakukannya, minumlah secangkir kopi tersebut sebelum tidur siang. Selama tidur, kafein akan mulai beraksi dan mencapai puncak efektivitasnya sekitar 30 menit setelah meminumnya. Ini menyebabkan ketika terbangun tubuh kembali segar.

– Bekerja Lebih Baik dari Tidur Siang?
Faktanya, Anda melupakan apa yang terjadi di meja kantor ketika melakukan tidur siang selama 10-30 menit. Namun, sebuah penelitian mengatakan pekerjaan yang dipaksakan pada siang hari justru akan membuatnya menjadi tidak baik.

Seorang ilmuwan tidur Sara Mednick mengatakan mempertahankan produktivitas itu sulit.  Tidur siang justru dapat membuat Anda merasa segar dan lebih siap untuk menyelesaikan berbagai tugas dengan baik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif