Lifestyle
Selasa, 2 Desember 2014 - 09:45 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini Dia Manfaat Menakjubkan Makan Sayur Mentah

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (Magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Teknik memasak sayur dengan merebus atau memanggang dapat merusak kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Oleh karenanya, mengonsumi sayuran mentah dapat menjadi salah satu alternatif meminimalkan hal tersebut.

Mengonsumsi sayuran mentah memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut beberapa keistimewaan mengonsumsi sayuran mentah sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (1/12/2014):

Advertisement

– Terjaga Kandungannya
Memasak sayuran terbukti dapat menguras vitamin, merusak protein, dan menghancurkan enzim sehingga sayuran yang Anda konsumsi tidak memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat kesehatan dari makan sayuran mentah adalah lebih banyak menghasilkan energi walaupun dimakan dalam jumlah sedikit.

– Baik untuk Pencernaan
Sayuran yang dimasak membutuhkan bahan lain seperti garam, gula, atau rempah-rempah lainnya. Kerugian menggunakan bumbu tambahan ini adalah dapat merugikan sistem pencernaan. Sayuran mempertahankan rasa alami saat dimakan mentah sehingga lebih baik untuk kesehatan perut.

Advertisement

– Menghentikan Perkembangan Penyakit
Salah satu manfaat kesehatan dari makan sayuran mentah adalah menghentikan pertumbuhan berbagai penyakit kronis seperti masalah jantung dan kanker.

Memasak dapat menciptakan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Penelitian menunjukkan, saat jumlah radikal bebas berkurang, kemungkinan terkena kanker juga akan berkurang.

– Manfaat Kesehatan
Salah satu manfaat kesehatan dari makan sayuran mentah adalah memungkinkan Anda menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit seperti mulas, kembung, gangguan pencernaan, dan sembelit.

Advertisement

– Menjaga Keseimbangan Alam
Keseimbangan alam perlu dipertahankan. Ketika lebih banyak orang memilih makanan sayur mentah, akan ada berkebun lebih organic yang akan membantu mengurangi kadar karbon dioksida di atmosfer. Ini akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif