Soloraya
Sabtu, 29 November 2014 - 09:45 WIB

RAILBUS BATARA KRESNA : Organda Minta Railbus Solo-Wonogiri Hanya untuk Wisata

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Railbus Batara Kresna (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, WONOGIRI – Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Wonogiri meminta pengoperasian Railbus Batara Kresna jalur Solo-Wonogiri dikaji ulang.

Pasalnya, pengoperasian railbus tersebut diprediksi bakal berimbas pada penghasilan angkutan darat.

Advertisement

Ketua DPC Organda Wonogiri, Edi Purwanto, mengatakan harga tiket railbus Solo-Wonogiri yang direncanakan senilai Rp4.000/penumpang jauh lebih murah dibanding bus jurusan Solo-Wonogiri. (baca: Tarif Railbus Solo-Wonogiri Rp4.000)

Dikhawatirkan para penumpang bus beralih menggunakan railbus lantaran tiketnya lebih murah.

Advertisement

Dikhawatirkan para penumpang bus beralih menggunakan railbus lantaran tiketnya lebih murah.

“Kondisi perusahaan otobus (PO) sedang lesu berbeda dengan dahulu. Jumlah penumpang bus menurun otomatis penghasilannya juga menurun,” jalas dia, Jumat (28/11/2014).

Kondisi ini diperparah dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada pertengahan November lalu. Menurut dia, ada sejumlah PO di Wonogiri yang terancam gulung tikar lantaran pemasukan tak sebanding dengan biaya operasional.

Advertisement

Objek wisata di Kota Gaplek cukup menarik untuk dikunjungi seperti Waduk Gajah Mungkur (WGM) dan sejumlah pantai di pesisir selatan seperti Pantai Nampu dan Sembukan di Kecamatan Paranggupito.

“Sesampai di Stasiun Giri Soka, Wonogiri maka penumpang berganti menggunakan bus menuju objek wisata. Jadi tetap ada pemasukan bagi bus dan angkutan pedesaan [angkudes],” papar dia.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Ismiyanto, menjelaskan dia telah berkoordinasi berkali-kali dengan pengurus Organda Wonogiri ihwal rencana pengoperasian railbus Solo-Wonogiri.

Advertisement

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan para pengurus Organda Wonogiri untuk membahas pengoperasian railbus dan kelangsungan hidup angkutan darat di Kota Gaplek.

Menurut dia, railbus Solo-Wonogiri dioperasikan untuk memudahkan warga Wonogiri yang hendak ke Solo maupun sebaliknya.

Tak menutup kemungkinan, ada KA jurusan Jakarta-Wonogiri setelah railbus resmi dioperasikan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif