Lifestyle
Jumat, 28 November 2014 - 09:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Inilah Cara Meminimalkan Efek Radiasi pada Ponsel

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Solopos.com, SOLO – Radiasi ponsel akan berefek negatif pada kesehatan kita. Tidak seperti telepon rumah yang terhubung ke soket, ponsel nirkabel dipercaya menghasilkan radiasi cukup tinggi. Sementara itu, penelitian membuktikan tingkat radiasi yang tinggi dapat merusak jaringan dan DNA kita.

Lalu bagaimana cara meminimalisir efek radiasi yang ditimbulkan pada ponsel? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagaimana dilansir Healthmeup, Kamis (27/11/2014):

Advertisement

Jauhkan Ponsel dari Kepala
Radiasi sangat berbahaya bagi otak dan mata, jadi cobalah untuk menjauhkan ponsel dari kepala Anda. Bila sedang menelepon, gunakan headset atau speaker sehingga Anda tidak perlu memegang telepon ke telinga.

Jauhkan dari Tubuh
Jika menggunakan headset berkabel, speakerphone, atau perangkat Bluetooth, jangan meletakkan ponsel di pangkuan atau di saku Anda.

Pilih SMS daripada Menelepon
Mengirim SMS lebih baik daripada menelepon karena tidak mengharuskan Anda mendekatkan telepon ke telinga. Jadi, jika Anda tidak memiliki handset, pilihlah SMS daripada menelepon.

Advertisement

Tunggu Hingga Orang yang Anda Telepon Mengangkatnya
Saat menelepon seseorang, jauhkan ponsel hingga orang yang Anda telepon mengangkatnya. Hal ini karena ponsel memancarkan radiasi lebih banyak saat hendak menelepon daripada saat panggilan sedang berlangsung.

Jangan Menaruh di Saku
Jangan membawa ponsel di saku pinggang, pinggul, atau dada Anda, karena radiasi bisa sangat berbahaya bagi organ internal. Pria harus berhati-hati karena menaruh ponsel dalam celana Anda terbukti dapar membahayakan testis Anda.

Jangan Gunakan Saat Sinyal Buruk
Menggunakan ponsel saat sinyal rendah memancarkan sinyal radiasi lebih banyak. Sebaiknya gunakan ponsel saat sinyal ponsel dalam keadaan bagus.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif