Soloraya
Jumat, 28 November 2014 - 19:39 WIB

AGENDA PRESIDEN : Berikut Kegiatan Jokowi di Wonogiri Sabtu Besok

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jokowi-JK seusai mengumumkan harga baru BBM, Senin (17/11/2014) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, WONOGIRI–Agenda Presiden Joko Widodo dijadwalkan menandatangani prasasti wisata kampung wayang Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Wonogiri dalam kunjungannya ke Wonogiri, Sabtu (29/11/2014) besok.

Penandatangan dilakukan di pendapa rumah dinas Bupati Wonogiri. Usai penandatanganan Presiden melihat pameran produk unggulan Wonogiri.

Advertisement

Penegasan itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Sentot Sujarwoko, Jumat (28/11/2014).

“Desa Kepuhsari dijadikan desa wisata kampung wayang karena menjadi desa cikal bakal dalang di Wonogiri. Konon di Desa Kepuhsari lahir dalang Panjang Mas dan sekarang di Kepuhsari juga terdapat dalang wanita satu-satunya, yakni Wulan Sri Panjang Mas.”

Dijelaskan oleh Sentot, untuk mendukung penamaan kampung wayang, di Kepuhsari terdapat 400-an perajin tatah sungging.

Advertisement

“Seni lain yang berkembang di masyarakat di antaranya, seni reog, tari gambyong, hadrah dan karawitan. Dari 400-an perajin tatah sungging terdapat 97 perajin aktif. Sejak beberapa bulan lalu wisatawan asing sudah berkunjung ke Kepuhsari untuk belajar tatah sungging dan seni pedalangan.”

Sebelumnya, Kepala Desa Kepuhsari, Manyaran, Sularjo, mengatakan hampir setiap pekan terdapat turis mancanegara yang bermalam di Kepuhsari untuk belajar tatah sungging.

“Selain seni, Desa Kepuhsari juga akan mengembangkan wisata alam.”

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif