Soloraya
Sabtu, 8 November 2014 - 17:15 WIB

PARIWISATA WONOGIRI : Malam Nanti, 4 Dalang Beraksi di Waduk Gajah Mungkur

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Waduk Gajah Mungkur (JIBI/Solopos/Suharsih)

Solopos.com, WONOGIRI – Pentas wayang kulit empat dalang lokal digelar di panggung Kompleks Waduk Gajah Mungkur, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, Sabtu (8/11/2014) malam.

Empat dalang yang akan tampil melakonkan Sesaji Raja Soya adalah Ki Sentot Sujarwoko yang juga Kepala Disbudparpora Wonogiri, Ki Eko Sunarsono, Ki Widodo, dan Ki Sutopo.

Advertisement

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Mulyanto, saat ditemui solopos.com disela-sela menyiapkan pentas wayang kulit, jamasan pusaka, dan ruwatan di WGM, Sabtu.

“Jamas pusaka dan ruwatan dilaksanakan Minggu [10/11/2014] sekitar pukul 09.00 WIB. Sebanyak 16 orang mengikuti prosesi ruwat yang dilaksanakan Ki Suti asal Eromoko. Pentas wayang kulit dimaksudkan untuk membudayakan wisata malam di WGM,” kata dia

Lebih lanjut mantan Kasubbag Pemberitaan Humas Pemkab Wonogiri menjelaskan, kirab pusaka digelar di Kompleks WGM untuk efisiensi anggaran.

Advertisement

“Tahun-tahun sebelumnya kirab pusaka dilakukan dari pendapa Kantor Pemkab Wonogiri menuju Makodim dilanjutkan ke WGM. Namun, tahun ini kirab pusaka Mangkunegara I dan pusaka milik Pemkab Wonogiri dilakukan di dalam Kompleks WGM,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif