News
Jumat, 7 November 2014 - 19:30 WIB

AGENDA PRESIDEN JOKOWI : Jokowi Bertemu Putin dan Obama di Beijing

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Barack Obama dan Joko Widodo (Talkmen.com)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo akan menghadiri KTT APEC di Beijing, Tiongkok Sabtu-Rabu (8-12/11/2014). Dalam KTT dengan agenda mengedepankan pembangunan infrastruktur Asia yang merupakan program bersama antara pemerintah Tiongkok dengan 20 negara.

“Ada sekitar dua puluhan negara terlibat di sana. Secara khusus, Pak Jokowi akan berusaha memadukan gagasan kita tentang poros maritim dunia dengan konsepsi China berkaitan engan jalan sutra baru di abad ke-21,” ujar Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Advertisement

Perjalanan Jokowi—sapaan akrab Joko Widodo—ke Tiongkok itu, merupakan bagian dari tur dunianya. Selain ke Beijing, Jokowi melanglang buana ke KTT Asean di Nay Pyi Taw, Myanmar Kamis-Jumat (13-14/11/2014), dan KTT G20 di Brisbane Australia Sabtu-Minggu (15-16/11/2014).

Selama lima hari di negeri Tirai Bambu, Presiden bersama rombongan dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin dunia, di antaranya Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Presiden Tiongkok Xi Jinping juga diagendakan menemui Jokowi secara khusus.

Selain mengikuti KTT APEC dan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara, di Tiongkok itu Presiden Jokowi juga dijadwalkan mampir di kawasan industri Tianjin Nangang Industrial Zone di utara Tiongkok. Kawasan industri ini berdiri di lahan 200 kilometer persegi dengan dilengkapi tiga terminal dan 13 dermaga dari 48 dermaga yang direncananakan. Kawasan ini dibangun sebagai pusat industri kimia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif