Soloraya
Kamis, 6 November 2014 - 18:15 WIB

INFRASTRUKTUR WONOGIRI : Tanggul Bendung Kedung Wuling Retak, Warga Bakem Resah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga melintasi tanggul Bendung Kedung Wuling, di Dusun Bakem, Desa Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri yang retak, Kamis (6/11/2014). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI –  Permukiman warga di Lingkungan Bakem, Kelurahan Mojopuro, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri terancam terendam air jika retakan tanggul Bendung Kedung Wuling di dusun tersebut tidak segera diperbaiki.

Berdasarkan pengamatan solopos.com di lokasi Bendung Kedung Wuling, Kamis (6/11/2014), retakan terjadi di tanggul yang berimpitan dengan rumah warga Dusun Bakem.

Advertisement

Jarak antara tanggul dengan rumah terdekat sekitar 70-an meter. Lebar retakan tanggul bervariasi antara lima sentimeter hingga 40-an sentimeter. Dua tumpukan tanah ada di tanggul tersebut.

Di sisi bawah tanggul sekitar enam orang terlihat memperbaiki talut saluran irigasi. Para pekerja mengaku tidak tahu siapa penggarap tanggul.

“Kami berharap, retakan tanggul segera ditutup agar air tidak bocor dan berakibat bendung jebol. Jika bendung jebol, rumah kami bisa terendam bersama rumah-rumah tetangga,” ujar warga Lingkungan Bakem yang mengaku bernama Yoto.

Advertisement

Kekhawatiran Yoto juga disampaikan dua warga Dusun Demangan, Desa Ngunggahan, Kecamatan Eromoko, Sakem, 40 dan Wiji, 65, yang sering melintas di tanggul tersebut. Dua petani tersebut bercerita memiliki lahan pertanian di Desa Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro.

“Sekitar dua bulan lalu, tanggul Bendung Wuling diperbaiki tetapi sepertinya melorot sehingga terjadi retakan. Jika retakan tidak segera diperbaiki kasihan rumah yang berada di bawah tanggul bisa terendam,” ujar Sakem.

Pegawai Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), Mukino, menjelaskan, pekan ini dilakukan perbaikan tanggul. Diakuinya, ada retakan di tanggul Bendung Kedung Wuling.

Advertisement

“Retakan tanggul segera diperbaiki tetapi menunggu alat berat untuk pemerataan tanah. Jika alat berat sudah tersedia pekerjaan perbaikan tanggul akan selesai dalam sepekan,” kata dia. 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif