Lifestyle
Senin, 3 November 2014 - 06:00 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mandi (Medicaldaily.com)

Solopos.com, SOLO – Sebagian besar orang memilih untuk mandi menggunakan air hangat saat cuaca dingin. Padahal menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa mandi menggunakan air dingin ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dikutip Solopos.com, Minggu (2/11/2014) dari Medical Daily berikut beberapa manfaat kesehatan dari mandi menggunakan air dingin:

Advertisement

Meningkatkan Energi
Mandi air dingin di pagi hari tampaknya terlihat sangat mengerikan daripada menenangkan. Namun, ternyata pernapasan akan memberikan efek terkejut dan membuat kita tetap hangat saat kita mandi air dingin. Hal itu karena organ pernafasan meningkatkan asupan oksigen secara keseluruhan. Mandi air dingin juga meningkatkan detak jantung dan melepaskan aliran darah ke seluruh tubuh yang akhirnya memberi kita energi sepanjang hari.

Membersihkan Rambut dan Kulit
Air panas memiliki kecenderungan untuk mengeringkan kulit kita, sedangkan mandi air dingin akan mengencangkan kutikula dan membuat pori-pori tersumbat. Air dingin dapat mengecilkan pori-pori di kulit dan kulit kepala serta mencegah kotoran masuk.

Meningkatkan Sistem Imun
Ketika air dingin menyentuh tubuh, organ tubuh memiliki kemampuan untuk mendapatkan sirkulasi darah sehingga arteri lebih efisien memompa darah, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Hal ini dapat membantu menormalkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Advertisement

Menurunkan Berat Badan
Mandi dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara tak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan lemak yakni lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih akan terakumulasi ketika kita mengkonsumsi banyak kalori. Lemak ini akan menumpuk di pinggang, punggung bawah, leher, dan paha yang sulit untuk dihilangkan. Sedangkan lemak coklat adalah lemak baik, yang dapat menghasilkan panas untuk menjaga tubuh kita hangat, dan semakin aktif bila terkena dingin yang ekstrim. Menurut Joslin dari Diabetes Center, sebuah afiliasi Harvard Medical School, mengatakan bahwa mandi dingin dapat meningkatkan aktivitas lemak coklat dan membantu menurunkan berat badan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif