Lifestyle
Sabtu, 1 November 2014 - 22:01 WIB

TIPS DIET SEHAT : Ini 4 Alasan Tidur Penting untuk Turunkan Berat Badan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO –Sama halnya makan, tidurnya nyenyak punya arti penting untuk kesehatan. Kehilangan waktu untuk tidur nyenyak mengakibatkan beberapa masalah seperti kurangnya konsentrasi, mudah lelah, metabolisme dalam tubuh berjalan kurang lancar. Makan pun terkadang menjadi tidak teratur dan cenderung akan banyak makan.

Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup antara enam hingga tujuh jam sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Tidur juga membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Tak percaya? Simak penjelasannya seperti dikutip Solopos.com dari Magforwomen, Sabtu (1/11/2014).

Advertisement

Tidur membuat metabolisme normal

Tidur dengan waktu yang cukup dan rileks maka metabolisme dalam tubuh berjalan normal. Sehingga Anda tidak akan merasa lapar. Bila kurang tidur membuat Anda merasa lapar dan berakibat Anda ingin makan setiap saat.

Tak hanya itu Anda tergoda untuk ngemil setiap saat dan berakibat menjadi lemak yang menumpuk. Cepatlah tidur dan bangun lebih awal agar tetap menjaga tubuh sehat dan bugar.

Advertisement

Mengurangi lonjakan kortisol

Lonjakan kortisol dalam tubuh terjadi karena kurang tidur. Lonjakan ini membuat Anda cenderung bermalas-malasan dan lemak akan menumpuk. Istirahat yang cukup untuk menambah energi.

Produksi Hormon Ghrelin dan Leptin

Advertisement

Tubuh menghasilkan hormon ghrelin dan leptin yang menyebabkan Anda ingin banyak makan ketika Anda kurang tidur. Makan yang berlebihan meningkatkan berat badan dan terjadi penimbunan lemak. Tidur adalah cara untuk mengimbangi kedua hormon tersebut dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Penurunan Insulin

Ketika Anda kurang tidur maka produksi insulin dalam tubuh berkurang sebanyak 30 persen. Kekurangan insulin dalam tubuh maka terjadi kesulitan untuk memecahkan lemak di tubuh. Lemak-lemak pun akan tersimpan di tempat-tempat yang tidak diinginkan. Sehingga tidur nyenyak menjadi salah cara untuk menurunkan berat badan.

(A.Nindya Paramita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif